Headlines News :

Ads google

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours
Jl. Gn. Bawakaraeng No. 111E (Depan SPBU Terong) Telp. 0411-420600 WA 085395591962 Makassar

Propellerads

PropellerAds
Home » , » Sedimentasi Jalur Perahu Penyeberangan Hambat Transportasi Warga Tanakeke

Sedimentasi Jalur Perahu Penyeberangan Hambat Transportasi Warga Tanakeke

Written By komando plus on Sabtu, 14 Desember 2019 | 09.04.00

Tampak awak perahu berusaha melolos-
kan perahunya meninggalkan kolam
dermaga Pulau Tanakeke.
TAKALAR - KOMANDOPLUS : Dangkalnya air laut di jalur yang dilalui oleh kapal kayu penyeberangan rute Takalar Lama ke Pulau Tanakeke khususnya di dermaga Desa Maccini Baji Pulau Tanakeke dan dermaga Takalar Lama merupakan masalah tersendiri yang dialami dan dikeluhkan oleh warga masyarakat setempat.

Betapa tidak, sebab baik warga masyarakat Pulau Tanakeke yang berkepentingan ke Takalar Lama atau sebaliknya dari Takalar Lama ke Pulau Tanakeke menjadi terhambat lantaran kapal perahu angkutan yang ada terkendala melaut disebabkan kandas di kedua dermaga itu.

Kandasnya kapal kayu angkutan di ke dua dermaga tersebut disebabkan terjadinya sedimentasi atau pendangkalan air laut terutama ketika air laut surut.

Dan ketika air laut surut terjadi pada pagi hingga siang hari, maka dapat dipastikan kondisi itu membuat roda ekonomi dan pemerintahan setempat menjadi terhambat.

Sebagaimana yang terlihat pada Rabu (11/12), warga masyarakat dan sejumlah pegawai yang hendak menyeberang dari Pulau Tanakeke ke dermaga Takalar Lama mengalami hambatan di kolam air dermaga Pulau Tanakeke dari pukul 07.00 hingga sekitar 10.30 disebabkan kapal pengangkut penyeberangan tidak mampu lolos dari kolam dermaga karena air laut dangkal.

Menurut pantauan wartawan, dua hari sebelumnya yakni Senin (9/12), di dermaga Takalar Lama juga terjadi pendangkalan sehingga sejumlah pegawai dari Dinas Kesehatan termasuk wartawan media ini yang hendak menyeberang ke Pulau Tanakeke dengan menumpangi sebuah kapal kayu penyeberangan, terpaksa terhambat dan harus menunggu waktu keberangkatan hingga air laut pasang.

Baik warga masyarakat setempat maupun dari kalangan guru dan pegawai mengharapkan agar pemerintah setempat memberi perhatian agar dilakukan pengerukan laut di kedua kolam dermaga untuk kelancaran transportasi ekonomi dan roda pemerintahan setempat. Terlebih kecamatan Mappakasunggu telah dimekarkan dengan menjadikan Pulau Tanakeke sebagai kecamatan tersendiri yakni Kecamatan Kepulauan Tanakeke, dimana Desa Maccini Baji dijadikan sebagai ibukota kecamatan.(is)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber - Email: redaksikomandonews@gmail.com
_____________