Headlines News :

Ads google

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours
Jl. Gn. Bawakaraeng No. 111E (Depan SPBU Terong) Telp. 0411-420600 WA 085395591962 Makassar

Propellerads

PropellerAds
Home » , , » LPK TRAKENDO Makassar Selenggarakan Pelatihan Keterampilan Kerjasama BLK Makassar

LPK TRAKENDO Makassar Selenggarakan Pelatihan Keterampilan Kerjasama BLK Makassar

Written By komando plus on Senin, 20 Mei 2019 | 01.25.00

Suasana pelatihan menjahit pakaian. Tampak peserta antusias
mempraktekkan cara membuat pola sebelum mengguntng kain.
MAKASSAR - KOMANDOPLUS : Hanya beberapa hari pasca dibuka secara resmi, Sabtu (11/5/2019), warga masyarakat setempat yang menjadi peserta Pelatihan Menjahit oleh LPK Travel Kerja Indonesia (TRAKENDO) Makassar kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar di desa Tamanyeleng kecamatan Barombong kabupaten Gowa, menunjukkan perkembangan keterampilan yang cukup signifikan.


Betapa tidak, hanya empat hari setelah mengikuti pelatihan teori, peserta yang berjumlah enam belas orang yang semuanya kaum perempuan itu sudah mampu membuat pakaian jadi setidaknya untuk ukuran dirinya sendiri.

Salah seorang peserta menunjukkan hasil kerjanya
berupa blus dengan kombinasi warna dan corak
yang dipakainya sendiri.
Diantara mereka yang ditemui Kamis (16/5/2019) di tempat pelaksanaan pelatihannya di rumah sekretaris desa Tamanyeleng, ada yang dengan bangga menunjukkan karya hasil jahitannya sendiri berupa blus wanita dan dipakainya sendiri.

Menurut para peserta itu, pelatihan menjahit tersebut dirasakan sangat membantu sebab dengan kemampuan keterampilan membuat pakaian, setidaknya sudah dapat membuat pakaian sendiri dan keluarga yang dengan sendirinya akan mengurangi pengeluaran biaya.

"Kita juga bebas membuat model dengan kombinasi kain sesuai selera, apalagi menghadapi lebaran Idul Fitri biaya jahit pakaian tentu akan tertekan," kata salah seorang peserta.

Salah seorang peserta lainnya menunjukkan dan
memakai baju blus hasil kreasinya sendiri

Menurut instruktur pelatihan itu, mereka ditarget untuk masing-masing menghasilkan empat potong pakaian sebagai out put dari pelatihan menjahit yang direncanakan berlangsung selama satu bulan itu, yakni dua potong pakaian blus, satu potong rok, dan satu potong pakaian gamis perempuan.

Selain pelatihan menjahit, turut dilaksanakan pelatihan keterampilan berbasis masyarakat yakni pelatihan tata boga dan pelatihan tata rias. Ke dua jenis pelatihan tersebut juga diselenggarakan oleh TRAKENDO Makassar kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar dengan merekrut peserta dari kalangan warga masyarakat setempat.

Kepala BLK Makassar diwakili Kepala Seksi Program dan Evaluasi, Andi Sukma M.Si, saat menyampaikan sambutan sebelum membuka secara resmi kegiatan itu, Sabtu (11/5/2019), mengatakan BLK Makassar mempunyai dua jenis pelaksanaan pelatihan, yakni ada yang dilaksanakan di dalam area kantor BLK Makassar dan ada pula yang dilaksanakan di luar kantor BLK Makassar atau disebut mobile training unit (MTU).

"Mobile training unit ini adalah salah satu layanan BLK Makassar dimana BLK Makassar mendatangi warga masyarakat untuk memberikan pelatihan keterampilan kerja di tempat tinggalnya. Dalam pelaksanaan MTU ini, BLK Makassar bekerja sama dengan pihak lembaga pelatihan kerja swasta yang sudah terdaftar seperti LPK TRAKENDO Makassar," jelasnya.

Andi Sukma berharap, baik peserta pelatihan menjahit maupun peserta pelatihan tata rias, dan peserta pelatihan tata boga dapat mengikuti kegiatan secara maksimal agar memiliki pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai keterampilan kerja untuk membuka usaha mandiri. (*)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber - Email: redaksikomandonews@gmail.com
_____________