Headlines News :

Ads google

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours
Jl. Gn. Bawakaraeng No. 111E (Depan SPBU Terong) Telp. 0411-420600 WA 085395591962 Makassar

Propellerads

PropellerAds
Home » , , » Kabupaten "Panrita Kitta" Sinjai Kaya Keindahan Alam dan Sejarah Budaya

Kabupaten "Panrita Kitta" Sinjai Kaya Keindahan Alam dan Sejarah Budaya

Written By komando plus on Minggu, 06 Januari 2019 | 18.21.00



Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, dengan latar belakang
kabut dingin.




SINJAI - KOMANDOPLUS : Kabupaten Sinjai dengan slogan Panrita Kitta merupakan kabupaten yang terletak di jazirah Sulawesi Selatan, yang kaya dengan sejarah, budaya, ditunjang dengan keindahan alamnya yang kini telah disulap menjadi kawasan destinasi wisata dan budaya.

Kabupaten ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi, sekaligus melengkapi referensi bagi para pecinta wisata yang ingin berkunjung ke Kabupaten Sinjai.

Beberapa destinasi yang layak untuk dikunjungi itu diantaranya di kecamatan Sinjai Utara terdapat Taman Purbakala Batupake Gojeng yang terletak di Kelurahan Biringere. Kawasan ini menyimpan keindahan yang tak ternilai, dan Benteng Balangnipa yang berdiri kokoh di Kelurahan Balangnipa menunjukkan bahwa Kabupaten Sinjai sarat akan kisah sejarah perjuangan bangsa melawan penjajah dari negeri Kincir Angin (Belanda).

Bergeser ke Kecamatan Sinjai Timur, kita dapat menyaksikan keindahan dan hamparan hutan mangrove yang terletak di Desa Tongke-tongke. Kita dapat menyusuri hutan mangrove ini dengan melewati jembatan kayu, bahkan untuk mengeksplore lebih jauh tentang hutan mangrove, kita dapat menyewa speed boat yang disediakan di tempat tersebut. Selain itu, di hutan mangrove juga disediakan kafe terapung untuk memanjakan para pengunjung menikmati suguhan minumas sarabba dan ubi kayu.

Tempat ini juga merupakan pusat restorasi dan pembelajaran mangrove, yang memiliki luas sekitar 173,5 hektar, jarak tempuh berkisar 8 Kilometer dari jantung kota Kabupaten Sinjai..

Selain itu, di Tongke-Tongke kita dapat menyaksikan keindahan pulau Larea-rea yang merupakan bahagian gugusan pulau sembilan yang berada di Kecamatan Pulau Sembilan. Pulau ini nampak terlihat cantik setelah pemerintah daerah melakukan penataan, dan kini banyak dikunjungi wisatawan.

Untuk sampai ke pulau larea-rea, dari kota Sinjai kita menuju ke Pelabuhan Cappa Ujung Kelurahan Lappa, cukup dengan menggunakan perahu kayu dengan memakan waktu satu jam, atau bisa juga menggunakan speed boat dengan memakan waktu tempuh 15 menit sudah sampai di tempat tujuan.

Setelah puas menikmati keindahan lautnya, maka kita dapat mengeksplore keindahan alam Sinjai yang ada di Taman Hutan Raya (Tahura) Abdul Latief.

Kalau di Tator ada negeri di atas awan, maka di Sinjai terdapat negeri berselimut kabut tepatnya di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Abdul Latief Desa Batu Bulerang Kecamatan Sinjai Borong.

Keindahan Tahura Abdul Latief membuat Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, tertarik untuk menatanya. Bahkan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai menggelar acara pergantian tahun 2018 ke 2019 di Taman Hutan Raya beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, kita juga dapat berselfi ria dengan tempat swafoto di puncak gunung di taman Pattiro tiroang yang berada di Desa Bontotenga Kecamatan Sinjai Borong yang beberapa waktu yang lalu diresmikan oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa.

Lain halnya dengan Kecamatan Sinjai Barat, kecamatan ini seolah menyimpan mutiara dengan kekayaan alam dan keindahan panorama alamnya, seperti keindahan air terjun Laliako yang ada di Desa Terasa.

Setelah menikmati keindahan alam dan sejarahnya, jangan lupakan budayanya yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi, yaitu rumah adat Karampuang yang berada di Kecamatan Bulupoddo.

Puas berjalan-jalan dengan menikmati keindahan alam Sinjai, kini tiba waktunya untuk menikmati wisata kuliner yang ada di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Lappa Kecamatan Sinjai Utara. Tempat ini ramai dikunjungi pada malam hari dengan suguhan ikan bakar, ditambah dengan minuman pelepas haus yang nama Minuman Asli Sinjai (Minas) namun Populer nama lain Ireks khas Sinjai.

Namun kesemuanya itu belum cukup jika hanya disuguhi dalam bentuk informasi, tetapi silakan datang menyaksikannya sendiri. Kawasan destinasi Sinjai senantiasa menunggu kehadiran pembaca. Selamat menikmati hari-hari yang indah, dan jangan lupa, ayo ke Sinjai berlibur dan refreshing. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 085395591962 - 081342377788 - 085255426133 Makassar Sulsel. Pem Red/Pen Jab: Andi Iskandar. WA App. Android: 085395591962. Web: http://www.komandoplus.com/ Email: redaksikomandonews@gmail.com Wartawan media online komandoplus.com dalam menjalankan tugas dibekali kartu pers yang masih berlaku.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber - Email: redaksikomandonews@gmail.com
_____________