Warga Dua Desa di Kecamatan Tellulimpoe Gelar Lomba Bakar Leman Terpanjang - Komando Plus
Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , » Warga Dua Desa di Kecamatan Tellulimpoe Gelar Lomba Bakar Leman Terpanjang

Warga Dua Desa di Kecamatan Tellulimpoe Gelar Lomba Bakar Leman Terpanjang

Written By Admin Iskandar on Selasa, 26 Juni 2018 | 00.32.00

SINJAI - KOMANDOPLUS :
Salah satu kegiatan warga masyarakat desa Saotengah dengan desa Kalobba adalah lomba bakar leman (Makanan di dalam bambu yang dibakar, red) yang digelar setiap tahun, merupakan kegiatan kearifan lokal yang sering dilakukan oleh orang dahulu. Lomba Bakar Leman terpanjang itu diprakarsai oleh kelompok pemuda "Taruna Bikali" yang diikuti beberapa kelompok sebagai peserta dari kelompok pemuda dan masyarakat setempat.

Minggu (24/6/2018) kemarin, kegiatan itu digelar di lokasi air terjun Ulu Baruttung dusun Lappae I desa Saotengah Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai.

Kelompok peserta lomba yang berhasil meraih juara I sebagai pemenang Lomba Bakar Leman terpanjang adalah kelompok II. Hadiah diserahkan oleh Kades Saotengah, Hariyanto. Hadia juara II diserahkan oleh Kades Kalobba, Taupiq SS, Kemudian hadiah juara III diserahkan oleh Imam Dusun Lappae I, Sabang.

Kades Saotengah, Hariyanto, dalam sambutannya mengapresiasi semangat dan kebersamaan pemuda Bikali dalam melaksanakan kegiatan yang sifatnya menjunjung tinggi budaya dan menggali kembali kearifan lokal. Kendati hujan mengguyur menyebabkan lokasi kegiatan belumpur namun tidak mengurangi semangat warga tersebut untuk menghelat kegiatan tersebut.

Sementara Kades Kalobba, Taupiq SS, dalam sambutannya memotivasinya peserta dari kalangan pemuda dengan mengutip kata Bung Karno, "Kumpulkan sepuluh pemuda untuk menggoncangkan dunia". Taupiq SS balik menantang warganya untuk menggelar kegiatan tandingan. "Kalau desa Saotengah melaksanakan lomba bakar leman terpanjang, maka desa Kalobba siap menggelar lomba nasu cukka dan siap mengundang desa Saotengah," tantangnya.

Ketua Taruna Bikali, Irham, mengatakan bahwa kegiatan itu dilaksanakan melalui partisipasi dan kerjasama antar pemuda Taruna Bikali yang didukung oleh warga masyarakat setempat.

Irham berharap, kegiatan bakar leman itu dapat ditingkatkan melalui penyediaan dana pembinaan pemuda oleh pemerintah desa setempat melalui DDS. (*)

Laporan: Uya.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085255426133 Makassar Sulsel. Pem Red/Pen Jab: Andi Iskandar. WA App. Android: 085395591962. Web: http://www.komandoplus.com/ Email: redaksikomandonews@gmail.com Wartawan media online komandoplus.com dalam menjalankan tugas dibekali kartu pers yang masih berlaku.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
_____________
Template Design by Creating Website Published by Mas Template