Melawan Lupa Bersama AMAN - Komando Plus
Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , , » Melawan Lupa Bersama AMAN

Melawan Lupa Bersama AMAN

Written By Admin Iskandar on Minggu, 03 Juni 2018 | 22.39.00

Ismail
SINJAI - KOMANDOPLUS : Warga masyarakat desa Barambang kecamatan Sinjai Borong kabupaten Sinjai selama ini telah merasa kehilangan hak masyarakat adat setempat, dan berharap agar orang yang memimpin kabupaten Sinjai ke depan memberikan perlindungan dan pengakuan atas hak adat masyarakat tersebut.

Setidaknya seperti itu yang diungkapkan oleh Ismail, seorang tokoh adat di desa Barambankatute. Ismail yang juga anggota Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) wilayah Sulawesi Selatan saat ditemui di rumahnya di dusun Balang desa Barambang kecamatan Sinjai Borong kabupaten Sinjai, Sabtu (02/06/2018), menyatakan bahwa hal itu yang menjadi polemik selama ini dan berharap adanya perlidungan dan pengakuan atas hak-hak masyarakat adat Barambang Katute maupun sekitarnya yang selama ini diklaim oleh pemerintah sehingga menjadi perselisihan pandangan antara warga masyarakat dengan pemerintah.

Menurutnya, pernyataannya itu tidak ada kaitannnya dengan politik dan jangan diasumsikan sebagai hal yang berhubungan dengan pilkada.

"Namun saya berharap agar siapapun yang menakodai Sinjai ke depan supaya memberikan pengakuan dan perlindungan hak-hak masyarakat adat di kabupaten Sinjai pada umumnya dan warga adat desa Barambankatute pada khususnya. Apalagi Sinjai di kenal sebagai bumi Panrita Kitta," ujar Ismail.

"Saya berharap kepada anggota Aman kabupaten Sinjai dan forum Gerakan Tolak Tambang (Gertak) untuk tidak melupakan sejarah yang pernah diperjuangkan pada tahun 2010 hingga November 2013 silam," harap Ismail menambahkan.

Dia juga mengungkapkan, bahwa adanya penolakan aktivitas tambang di Bontokatute kecamatan Sinjai Borong dan sekitarnya dengan area seluas 24.830 Ha, dan wilayah hutan dengan tanah garapan masyarakat yang tidak jelas batasnya, itu adalah wujud dari adanya polemik itu. Padahal daerah Bontokatute merupakan wilayah adat yang dikenal dengan Adat Barambangkatute. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085255426133 Makassar Sulsel. Pem Red/Pen Jab: Andi Iskandar. WA App. Android: 085395591962. Web: http://www.komandoplus.com/ Email: redaksikomandonews@gmail.com Wartawan media online komandoplus.com dalam menjalankan tugas dibekali kartu pers yang masih berlaku.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
_____________
Template Design by Creating Website Published by Mas Template