Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , , , , » Pangdam Hasanuddin: Teroris Manfaatkan Dumay Sebar Radikalisme

Pangdam Hasanuddin: Teroris Manfaatkan Dumay Sebar Radikalisme

Written By Admin Iskandar on Kamis, 24 Mei 2018 | 00.04.00

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti
MAKASSAR - KOMANDOPLUS : Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Agus Surya Bakti, menyebutkan dunia maya (Dumay) termasuk salah satu media yang sangat mudah menebar aksi teror.

Hal tersebut Pangdam katakan dalam diskusi Peran Serta Lembaga Penyiaran Menangkal Potensi Gerakan Terorisme di Sulsel.

"Dunia maya kini menjadi trend, teknologi dan informasi begitu mudah diakses oleh semua kalangan, ini tentunya menjadi salah satu media menebarkan radikalisme dan bisa dilihat oleh mereka yang memiliki akses internet," ujar Agus SB di salah satu hotel di jalan Pengayoman baru-baru ini.

Menurut mantan Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT itu, saat ini masyarakat perlu bersikap seleksi terhadap segala jenis informasi yang meresahkan. Sebab radikalisme dunia maya memang membenarkan adanya.

Cyber terorism, bukan lagi istilah baru baik ini dalam bentuk informasi maupun situs-situs yang menyebar propaganda, dari sini kita bisa menyimpulkan dibalik perkembangan teknologi yang pesat rupanya menyimpan sisi positif dan negatif tergantung siapa yang menggunakan," tambah Pangdam.

Mayjen TNI Agus SB menjelaskan, menanamkan faham teroris bukanlah perkara mudah, perlu bertahap dan butuh waktu yang lama. Radikalisme dunia maya menempati peranan besar dalam menanamkan doktrin bagi mereka yang telah memiliki bibit radikal pada dirinya.

"Ada empat tahapan yang akan dilakukan seorang teroris sebelum melakukan aksinya, pertama pra radikalisasi yang biasanya disebabkan masalah sosial, budaya, balas dendam, dan agama. Kemudian identifikasi diri, lalu indoktrinasi, dan terakhir melakukan aksi teror," jelas mantan Waaster Kasad itu.

Sementara itu mantan teroris, Ali Fauzi, mengatakan, aksi teror pada dasarnya juga dipengaruhi oleh masalah ekonomi dan cara pandang terhadap suatu ideologi.

”Memang rumit sebab wilayah bergeraknya pada dimensi pemikiran, belum lagi dengan adanya organisasi yang siap memberikan dana dari luar,” jelas Ali. (Rilis/sambar)
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085255426133 Makassar Sulsel. Pem Red/Pen Jab: Andi Iskandar. WA App. Android: 085395591962. Web: http://www.komandoplus.com/ Email: redaksikomandonews@gmail.com Wartawan media online komandoplus.com dalam menjalankan tugas dibekali kartu pers yang masih berlaku.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber
_____________