Owner UIT Tersangka Kasus Pidana Ketenagakerjaan ? - Komando Plus
Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , , , » Owner UIT Tersangka Kasus Pidana Ketenagakerjaan ?

Owner UIT Tersangka Kasus Pidana Ketenagakerjaan ?

Written By Admin Iskandar on Kamis, 17 Mei 2018 | 14.08.00

Zulkifli salah seorang dosen pengajar yang juga Ketua
Serikat Dosen Pengajar Universitas Indonesia Timur
(SDP UIT). (foto dok)
MAKASSAR - KOMANDOPLUS : Kasus dugaan pidana ketenagakerjaan yang menyeret boss salah satu PTS di Sulsel yang bergulir sejak tahun 2016, kini mulai terjawab. Bahwa ihwal dugaan pelanggaran pidana ketenagakerjaan yang dilaporkan salah seorang dosen itu ditemukan bukti permulaan yang cukup.

Adalah surat Disnakertrans Sulsel Nomor 936/1795/Disnakertrans tanggal 17 April 2018 prihal Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan ditandatangani Sekretaris Dinas, Ir. H. Andi Ashari M.Si, menyebutkan bahwa terkait surat pengaduan Serikat Dosen Pengajar Universitas Indonesia Timur (SDP UIT) Nomor: 09/SDP-A/IX/16 tanggal 21 Nopember 2016 yang tandatangani oleh Zulkifli ditemukan bukti permulaan yang cukup bahwa telah terjadi tindak pidana di bidang ketenagakerjaan, dan selanjutnya akan dilakukan penyidikan.

Surat Disnakertrans Sulsel tersebut menjawab dan memberitahukan proses penanganan kasus yang dilaporkan oleh Zulkifli pada tahun 2016, dua tahun silam, soal pemilik perguruan tinggi UIT berinisial Har yang diduga mengabaikan hak normatif tenaga dosen pengajarnya selaku perkerja.

Keterangan yang diperoleh menyebutkan, Zulkifli adalah dosen pengajar pada Universitas Indonesia Timur (UIT) yang diangkat melalui surat keputusan bernomor 429/Sk/BP-YIT/X/2010 (Bukti P9) tentang Pengangkatan Tenaga Dosen Tetap Universitas Indonesia Timur yang ditandatangani tanggal 25 Oktober 2010 oleh Ketua Badan Pengurus Yayasan Indonesia Timur, H. Haruna MA,SE,MM.

Dan selaku dosen tetap selama beberapa lama, Zulkifli tidak dibayarkan upahnya melainkan hanya diberikan berupa honor paket mengajar. Dan belakangan walaupun upahnya dibayar, jumlahnya hanya sekitar Rp. 1.560.000 masih di bawah standar UMK Makassar Rp 2.722.642 dan atau di bawah UMP Sulsel tahun 2018 sebesar Rp 2.647.767.

Selain itu, dosen pengajar tersebut selain tidak diikutkan pada program Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan jaminan hari tua (JHT) pada BPJS Ketenagakerjaan, juga tidak diikutkan pada program BPJS Kesehatan, tidak diberikan tunjangan hari raya dalam bentuk uang tunai, serta tidak diberikan hak cuti yang kesemuanya merupakan hak normatif pekerja yang diatur di dalam UU No. 13 Tahun 1999 tentang Ketenagakerjaan.

Disebutkan, kondisi seperti itu dialami pula oleh kalangan dosen pengajarnya yang lain yang diperkirakan sedikitnya berjumlah 470 orang.

Kabid Pengawasan selaku kordinator penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) Disnakertrans Sulsel, Drs. Rusli Pawelleri SH, mengatakan kasus tersebut sementara diproses. Namun dia menampik status Har sebagai telah menjadi tersangka walau proses hukumnya sudah pada tingkat penyidikan.

“Belum, belum berstatus tersangka. Kita masih akan memanggil beberapa saksi termasuk dari kalangan pihak perguruan tinggi dan saksi ahli,” jelas Rusli dibalik seluler yang dihubungi Kamis (17 Mei 2018).

Kepala Disnakertrans Sulsel, Agus Appang SE, yang pernah dihubungi sebelumnya mengatakan bahwa di tahun 2018 ini merupakan tahun penindakan untuk penegakan hukum undang-undang ketenagakerjaan.

“Diharapkan agar pihak pemberi kerja dan kalangan pekerja masing-masing mematuhi aturan ketenagakerjaan sehingga tidak ada salah satu pihak yang dirugikan,” ujar Agus Appang ketika ditanya program kerja dan komitmennya di awal Januari 2018 lalu. (iskandar)
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085255426133 Makassar Sulsel. Pem Red/Pen Jab: Andi Iskandar. WA App. Android: 085395591962. Web: http://www.komandoplus.com/ Email: redaksikomandonews@gmail.com Wartawan media online komandoplus.com dalam menjalankan tugas dibekali kartu pers yang masih berlaku.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
_____________
Template Design by Creating Website Published by Mas Template