Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , , , , » Diminta, Selisih Paham Anggota TNI Dengan Polri Tak Ganggu Sinergitas

Diminta, Selisih Paham Anggota TNI Dengan Polri Tak Ganggu Sinergitas

Written By Admin Iskandar on Minggu, 20 Mei 2018 | 22.37.00

Dandenma Dam XIV/Hsn, Letkol Inf Wirawan, saat di RS Bhayangkara
Makassar 
menjenguk korban serta bertemu  dengan ibu korban , Hadanah.
MAKASSAR - KOMANDOPLUS : Sejumlah kalangan berharap sinergitas TNI dengan Polri di Sulsel tidak terganggu menyusul terjadinya kesalahpahaman antara anggota Denmadam XIV/Hsn, Prada Ichsan, dengan anggota Satlantas Polres Gowa, Briptu Syaifullah, yang terjadi saat operasi penertiban balapan liar oleh Polres Gowa di jalan Poros Lapangan Golf Padi Valley Desa Pattallassang Kabupaten Gowa Sulsel, Sabtu (19/5/2018).

Selisih paham itu sendiri menurut Kapendam XIV/Hsn, Kolonel Inf Alamsyah, melalui rilisnya yang diterima redaksi meguraikan kronologis kejadiannya.

Kejadian diawali pada Sabtu 19 Mei 2018 pukul 06.30 ketika Prada Ichsan, anggota Denmadam XIV/Hsn, mengemudikan mobilnya bermaksud hendak kembali ke satuannya setelah ijin bermalam di rumah orang tuanya.

Dan pada saat melintasi Jalan Poros Lapangan Golf Padi Valley Desa Pattallassang, di area tersebut sedang berlangsung operasi Gaktib penertiban balapan liar oleh Polres Gowa, dan Briptu Syaifullah sedang bertugas lalu menghentikan kendaraan Prada Ichsan.

Kemudian Briptu Syaifullah melakukan pemeriksaan kendaraan dengan menanyakan kelengkapan surat kendaraan. Ketika itu, Prada Ichsan sempat turun dari mobilnya dan menunjukkan identitas keanggotaannya (KTA) sembari memberitahu "Saya anggota", kemudian identitasnya tersebut dimasukkannya kembali ke saku celananya.

Selanjutnya Prada Ichsan naik ke mobilnya dan bermaksud untuk meninggalkan tempat. Namun bersamaan dengan itu, Briptu Syaifullah memaksa menghentikan kembali kendaraan tersebut dengan meloncat naik dan memegang kap mobil yang mengakibatkan Briptu Syaifullah terbawa oleh kendaraan hingga beberapa meter dan kemudian terjatuh di jalanan dan mengalami luka.

Menyadari dirinya telah melakukan kesalahan, Prada Ichsan segera melaporkan kejadian yang dialaminya itu ke Kodim 1409/Gowa untuk dilakukan pemeriksaan awal.

Briptu Syaifullah (korban) sementara dirawat di
RS Bhayangkara Makassar
Untuk diketahui, sebelumnya Pangdam Hasanuddin, Mayjen TNI Agus SB, saat membuka secara resmi Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD Tersebar Kodam Hasanuddin TA 2018 di lapangan tembak Pistol Rindam XIV/Hasanuddin Jl. Malino Pakkatto kabupaten Gowa, Rabu (11/4/2018) lalu mengatakan, "Tidak ada anggota yang salah, tapi yang salah adalah komandannya."

(Berita terkait: http://www.komandoplus.com/2018/04/pangdam-hasanuddin-tidak-ada-anggota.html)

Terkait ihwal tersebut sehingga pada sekitar pukul 11.00 hari kejadian itu, Dandenma Dam XIV/Hsn, Letkol Inf Wirawan, selain meminta maaf kepada Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga S.Ik, M.Si, serta menjenguk dan memberikan santunan kepada korban, Briptu Syaifullah, di rumah sakit Bhayangkara Makassar, juga menemui orang tua korban, Hadanah, sebagai wujud tanggung jawabnya atas perbuatan yang dilakukan anak buahnya.

Dan saat ini, Prada Ichsan sudah berada di Denpom XIV/Hsn untuk menjalani penyidikan untuk proses hukum.

Menurut Kapendam Hsn, Kolonel Inf Alamsyah, Prada Ichsan akan dijatuhi sanksi hukum atas kesalahan yang diperbuat sesuai dengan tingkat pelanggarannya.

Sementara itu, korban Briptu Syaifullah sementara berada di RS Bhayangkara Makassar untuk menjalani perawatan medis.

Kapendam Hsn berharap, insiden tersebut tidak menggangu sinergitas TNI-Polri yang telah terjalin dengan baik selama ini khususnya di daerah Sulsel.

Harapan senada juga muncul dari kalangan warga dan tokoh masyarakat Sulsel agar TNI dan Polri tetap senantiasa bersinergi dalam menjaga kamtibmas di wilayah Sulsel, terlebih kondisi nasional saat ini menunjukkan fenomena yang tidak menentu. (*)

Laporan: Rilis/Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085255426133 Makassar Sulsel. Pem Red/Pen Jab: Andi Iskandar. WA App. Android: 085395591962. Web: http://www.komandoplus.com/ Email: redaksikomandonews@gmail.com Wartawan media online komandoplus.com dalam menjalankan tugas dibekali kartu pers yang masih berlaku.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber
_____________