Tingkatkan Kualitas Pendataan Puskesmas, Dinkes Sinjai Gelar Sp2TP - Komando Plus
Headlines News :

Ads google

Home » , , , » Tingkatkan Kualitas Pendataan Puskesmas, Dinkes Sinjai Gelar Sp2TP

Tingkatkan Kualitas Pendataan Puskesmas, Dinkes Sinjai Gelar Sp2TP

Written By Admin Iskandar on Rabu, 18 April 2018 | 14.10.00

Suasana pelatihan Sp2TP Sinjai
SINJAI - KOMANDOPLUS : Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan dan pembinaan sebagai penguatan kapasitas pengelola Sistem Pencatatan Pelaporan Tingkat Puskesmas (SP2TP) di Hotel Rofina yang diagendakan berlangsung Selasa hingga Kamis (16 -19 April 2018).

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan dan memperkuat pencapaian kualitas data kesehatan sehingga mampu bersinergi melalui penguatan kualitas data yang lebih baik dan terstruktur melalui sistem informasi kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Dr. Andi Suryanto Asapa, mengatakan pencatatan dan pelaporan adalah indikator utama dari keberhasilan suatu kegiatan.

"Tanpa adanya pencatatan dan pelaporan maka kegiatan atau program apapun yang dilaksanakan tidak akan terlihat wujudnya. Output dari pencatatan dan pelaporan ini adalah sebuah data dan informasi yang berharga dan bernilai bila menggunakan metode yang tepat dan benar. Jadi data dan informasi ini merupakan sebuah unsur terpenting dalam sebuah organisasi, sebab data dan informasilah yang berbicara tentang keberhasilan atau perkembangan organisasi tersebut," terangnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, sistem informasi kesehatan harus mampu menyediakan data dan informasi yang lengkap, akurat serta tepat waktu sebagai bahan masukan dalam pengambilan keputusan. Dari setiap proses manajemen kesehatan, itu semua kita harus miliki dalam memberikan informasi kesehatan.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan yang juga Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Sinjai, dr. Fatmawati Sembang, dalam laporannya memaparkan, bahwa kegiatan ini bertujuan agar semua pengelola SP2TP mampu memberikan data yang akurat sesuai dengan hasil kegiatan Puskesmas, serta dapat mencatat secara detail dan dilaporkan ke jenjang diatasnya sesuai kebutuhan secara benar, berkala dan teratur, guna menunjang pengelolaan upaya kesehatan masyarakat.

Selain itu, sebut Fatmawati, untuk meningkatkan kualitas manajemen Puskesmas secara lebih berhasil guna dan berdaya guna melalui pemanfaatan secara optimal data SP2TP dan informasi lain yang menunjang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari dengan menggunakan metode ceramah yang diselingi diskusi dan peserta pelatihan diajak aktif untuk mengemukakan pendapatnya terutama permasalahan yang dihadapi di Puskesmas dalam mengelola SP2TP ini. Sehingga masalah dapat ditemukan solusinya dan diselesaikan secara bersama.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 105 orang peserta terdiri dari beberapa profesi seperti dokter, dokter gigi, perawat, bidan, TU, pengelola SIK, RM, dan seluruh pengelola SP2TP lingkup dinas kesehatan se kabupaten Sinjai.(*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
_____________
Template Design by Creating Website Published by Mas Template