Setelah Ikut Panen Padi, Babinsa Menjadi Guru IPS di SD - Komando Plus
Headlines News :

Ads google

Home » , , , , » Setelah Ikut Panen Padi, Babinsa Menjadi Guru IPS di SD

Setelah Ikut Panen Padi, Babinsa Menjadi Guru IPS di SD

Written By Admin Iskandar on Sabtu, 21 April 2018 | 13.34.00

Kopda TNI johny Bura terlihat akrab dengan murid SDN 45 Lempangan
SINJAI - KOMANDOPLUS : Prajurit TNI jajaran Kodim Sinjai ini tak henti-hentinya melakukan aktifitas yang menarik perhatian wartawan sehingga sering tampil menjadi sorotan berita laksana artis yang sedang naik daun.

Setelah dipergoki beberapa waktu lalu sedang memimpin upacara bendera di sebuah sekolah dasar yang selama ini tidak pernah menyelanggarakan upacara, dia kemudian terlihat sedang ikut panen padi membantu petani, kemudian kedapatan lagi sedang duduk-duduk di pinggir pematang sawah bersama kelompok tani yang ternyata sedang melakukan komsos (komunikasi sosial), kini kepergok lagi sedang menjadi guru dan mengajar di sebuah sekolah dasar yang sedang kekurangan tenaga pendidik.

Adalah Kopda TNI johny Bura, Babinsa Desa Puncak dari Koramil 1424-05/Sinjai Selatan, terlihat sedang mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosia (IPS) di Kelas Jauh SDN 45 Lempangan kampung Boja. Padahal sekolah dasar tersebut letaknya berada di pelosok desa terpencil.

Kopda TNI johny Bura, sang Babinsa itu, saat ditemui mengatakan dirinya senantiasa meluangkan waktunya untuk melakukan pemantauan wilayahnya dan tidak merasa berat untuk melibatkan diri dalam segala aktivitas warga masyarakat.

Menurut prajurit TNI berpangkat satu bengkok merah itu, jenjang pendidikan dasar adalah saat yang tepat untuk memberikan pembinaan kepada anak sejak dini tentang keanekaragaman suku dan agama yang ada di Indonesia serta sembonyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda-Beda tetapi tatap satu.

Selain itu, anak sekolah yang belajar jauh dari keramaian kota harus selalu diberi semangat untuk memiliki cita-cita sehingga harus senantiasa rajin belajar untuk mencapai cita-citanya itu. Dia berharap, dari anak-anak itu terdapat setidaknya satu orang yang kelak menjadi tokoh pembangun di tanah kelahirannya sendiri.

Masih menurut prajurit TNI itu, kegiatan itu juga merupakan salah satu wujud pembinaan teritorial bagi satuan komando kewilayahan terhadap masyarakat.

"Kami bangsa Indonesia adalah bangsa dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Itulah yang saya ajarkan sebagai mata pelajaran IPS," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Abd. Wahid, satu-satunya guru kelas di SD 45 Boja itu mengatakan dengan adanya program kegiatan Babinsa seperti ini dia merasa sangat terbantu. Apalagi letak SD 45 terletak jauh di desa pedalaman.

"Dengan hadirnya pak Kopda Johny selaku Babinsa di desa ini, murid-murid kami terlihat sangat senang dan bangga dikunjungi tentara di sekolahnya," pungkas Abd. Wahid. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
_____________
Template Design by Creating Website Published by Mas Template