Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , » Peringati May Day, Jutaan Buruh se Indonesia Bakal Memenuhi Jalanan

Peringati May Day, Jutaan Buruh se Indonesia Bakal Memenuhi Jalanan

Written By Admin Iskandar on Senin, 30 April 2018 | 13.51.00

Potret suasana saat kaum buruh menggelar aksi
JAKARTA - KOMANDOPLUS : Jelang May Day tanggal 1 Mei 2018, kalangan organisasi buruh masing-masing akan mengorganisir anggotanya untuk menggelar aksi turun ke jalan untuk menyatakan aspirasinya dalam rangka hari "kebesarannya" sebagai hari buruh sedunia.

Salah satu organisasi buruh terbesar di Indonesia yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) menyatakan akan menurunkan anggotanya pada aksi Aksi Mayday tanggal 1 Mei 2018 akan diikuti hampir satu juta buruh di 25 propinsi dan 200 kabupaten kota di seluruh Indonesia.

Dalam siaran pers KSPI tanggal 30 april 2018 yang diterima redaksi menguraikan, khusus untuk aksi di Jakarta sebagai pusat dan ibukota negara, skema aksi diatur dengan titik sasaran dan waktu yang ditentukan.

Untuk aksi di istana negara Jakarta, ada 150 ribu buruh se-Jabodetabek, Serang, Karawang, dan Purwakarta dengan titik kumpul aksi di Patung Kuda Indosat jam 10 pagi. Setelah itu peserta massa aksi akan long march ke istana presiden.

Aksi di istana presiden berlangsung hingga jam 13.siang. Selanjutnya peserta massa aksi akan bergerak ke istora Senayan untuk merayakan Mayday sekaligus deklarasi calon presiden RI 2019-2024 yang akan dipilih dan didukung oleh kalangan buruh dari KSPI se Indonesia.

Aksi Mayday serupa juga secara serempak dilakukan di seluruh Indonesia seperti Surabaya 50 ribu buruh se Jawa Timur di depan kantor gubernur, 15 ribu buruh se Jawa Tengah di depan kantor gubernur, 15 ribu buruh se Kepulauan Riau (Kepri) di depan kantor walikota Batam, 2 ribu buruh Aceh, 10 ribu buruh Sumatra Utara, ribuan buruh Jawa barat, dan masing-masing provinsi lainnya akan melakukan aksi di depan kantor gubernur masing masing.

Prabowo Subianto di tengah kalangan buruh
Tuntutan yang akan disuarakan kaum boeroeh dalam aksi Mayday tersebut adalah TRITURA plus yaitu tiga tuntutan buruh dan rakyat, yaitu :
1, Turunkan harga beras, listrik, bbm, bangun ketahanan pangan dan ketahanan energi.
2, Tolak upah murah, Cabut PP no 78/2015 tentang pengupahan, KHL 84 item.
3, Tolak TKA buruh kasar dari China, Cabut Pepres No 20/2018 tentang Tenaga Kerja Asing.

Sedangkan Plusnya adalah Hapus outsourcing dan Pilih presiden RI 2019 yang pro buruh.

Untuk diketahui, KSPI dan serikat buruh lainnya kemarin malam (30/04) telah diundang oleh Kapolda Metro Jaya dan seluruh jajarannya untuk berdialog tentang pelaksanaan Mayday tersebut. Kapolda merespon baik rencana aksi buruh saat Mayday dan meminta buruh melakukan aksi dengan tertib dan damai serta tidak mengganggu kepentingan masyarakat lainnya.

Menanggapi harapan Kapolda tersebut, KSPI setuju dan bersepakat tentang himbauan Kapolda Metro Jaya tersebut. KSPI menjamin di seluruh Indonesia aksi mayday adalah aksi damai dan tertib.

Pada kesempatan tersebut, KSPI juga menyatakan bahwa mayday is not fun day... mayday is not holiday.... mayday is struggling of labour issue..., dan mengharapkan tidak ada penyekatan terhadap bis dan long march peserta aksi Mayday. Terhadap ihwal tersebut Kapolres Jakarta pusat menyatakan siap membantu peserta aksi agar dapat melakukan aksinya dengan tertib. (iskandar)
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber
_____________