Headlines News :

Ads google

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours
Jl. Gn. Bawakaraeng No. 111E (Depan SPBU Terong) Telp. 0411-420600 WA 085395591962 Makassar

Propellerads

PropellerAds
Home » , , , » Mantri Tani Pinjam Alsintan, Dua Tahun Belum Dikembalikan

Mantri Tani Pinjam Alsintan, Dua Tahun Belum Dikembalikan

Written By Admin Iskandar on Jumat, 06 April 2018 | 11.07.00

(Dari kiri) Ir. Muh. Arsyad, A. Aziza Wahyuni Sp.Mp, dan Hafile. 
SINJAI - KOMANDOPLUS : Seorang ketua kelompok tani di Sinjai mendatangi kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) setempat untuk menangih pengembalian Alsintannya (Alat mesin pertanian, red) yang dipinjam dan belum dikembalikan, Rabu (05/04/2018).

Adalah ketua Kelompok Tani Toboro dusun Taruncue desa Alenangka kecamatan Sinjai Selatan kabupaten Sinjai, Hafile, yang mendatangi kantor dinas tersebut untuk menemui salah seorang mantri tani, Umar SP, dengan maksud untuk meminta pengembalian dua unit alsintannya jenis kultifator dan pompa air milik kelompok taninya yang telah dipinjam oleh mantri tani.

Hafile mengatakan, kelompok taninya adalah salah satu penerima bantuan dua unit alsintan dari Dinas TPHP Sinjai pada tahun 2016. Kedua jenis alsintan tersebut adalah berupa kultifator dan pompa air. Namun sejak tahun 2016 itu juga dipinjam oleh mantri tani Umar dan hingga sekarang belum dikembalikan.

Fungsi dan Peran Mantri Tani yaitu Perpanjangan tangan dinas Tanaman pangan holtikultura(TPHP)dan perkebunan,pengawal,pendampin sekaligus Pembina Kelompok Tani.

Bahkan Hafile mengungkapkan bahwa selain dirinya telah menyampaikan langsung, juga ihwal tersebut dia sampaikan kepada petugas penyuluh pertanian desa Alenanka, Sarbini, dan petugas penyuluh pertanian tersebut telah beberapa kali mengingatkan yang bersangkutan, namun sang mantri tani tidak mengindahkannya.

"Bahkan saya sudah berapa kali pertanyakan ke pak Umar dimana alat itu karena anggota kelompokku mencari alat itu sebab mau digunakan untuk tanam cabe. Memang bisaji menanam cabe secara manual tapi khan ada ji alat, dan itu dipertanyakan oleh anggota kelompok dimana alat itu sekarang," ungkapnya.

Ihwal yang sama dikemukakan oleh penyuluh pertanian desa Alenangka, Sarbini, yang ditemui di Warkop di Samaenre Sinjai Selatan mengaku juga telah beberapa kali menyampaikannya ke mantri tyani, Umar.

"Saya sudah berapa kali sampaikan kepada pak Umar namun tidak digubris. Apalagi saya di tahun 2018 ini saya bertugas di desa Alenangka. Dan mengenai soal diambilnya alsintan itu oleh Umar baru saya ketahui saat ketua kelompok yang menyampaikannya,"ucap Sarbini.

Sarbini menjelaskan, kedatangan Hafile di kantor Dinas TPHP Sinjai untuk melaporkan ke Kepala Dinas karena mungkin sudah jenuh menunggu alatnya yang pinjam namun tak kunjung dikembalikan.

Kepala Dinas TPHP Sinjai, Marwatia SP,MP, yang dihubungi mengaku bahwa pihaknya telah mendesak mantri tani, Umar, agar segera mengembalikan alsintan milik kelompk tani yang dipinjamnya.

Mantri tani, Umar, yang dihubungi wartawan via WhatApps (WA) untuk dikonfirmasi, hingga berita ini naik posting tidak ada jawaban. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber
_____________