Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , , , » Proyek Ruas Jalan Mannanti-Lembang Lohe Sisakan Kualitas Buruk

Proyek Ruas Jalan Mannanti-Lembang Lohe Sisakan Kualitas Buruk

Written By Admin Iskandar on Rabu, 28 Maret 2018 | 10.15.00

SINJAI - KOMANDOPLUS : Pemerintah kabupaten Sinjai dibawah kendali H. Sabirin Yahya selaku bupati dibantu H.A. Fajar Yanwar selaku wakil bupati, telah berupaya mewujudkan program Panca Abdi yang diaplikasikan dengan slogan Bersama Kerja Nyata Membangun Sinjai, lalu diwujudkan dalam bentuk kegiatan yang salah satunya adalah proyek infrastruktur jalanan.

Meskipun pihak pemerintah sudah berupaya mewujudkan program kerjanya, tetapi tidak ditunjang dengan keseriusan oleh pihak ke tiga, maka hasilnya juga tidak maksimal.

Celakanya, ketika hasil kerja terlihat tidak maksimal, maka pihak pemerintah yang dinilai tidak becus bekerja dan cenderung menjadi sasaran bulan-bulanan warga masyarakat ketika memprotes.

Contoh kasus dapat dilihat pada pengerjaan proyek ruas Jalan Mannanti-Lembang Lohe di kabupaten Sinjai. Proyek tahun anggaran 2017 berupa pengerjaan rehabilitasi jalan ruas Mannati-Lembang Lohe dengan anggaran Rp. 6.909.540.000 dari dana APBD itu kini dianggap sudah selesai dan telah memasuki masa pemeliharaan.

Ketika proyek itu masih sedang dalam pengerjaan, sejumlah keluhan warga masyarakat mencuat ke permukaan yang meminta proyek itu dikerjakan sesuai yang seharusnya. Bahkan pihak anggota DPRD setempat pun sudah pernah menegur, namun teguran itu terkesan menjadi sekedar angin lalu.

Warga masyarakat setempat mengatakan, pihak konraktor pelaksana proyek kelihatannya bekerja asal-jadi dan tidak mau mendengar saran perbaikan.

Salah satu titik jalan yang tampak dengan
lapisan aspal yang tipis
"Ada bagian titik jalan yang seharusnya ditimbun, namun itu tidak ditimbun. Ada juga bagian titik jalan yang seharusnya dipasangi talud namun tidak dipasangi talud. Ada juga jalan yang seharusnya diperlebar agar lebar jalan sama, namun tidak diperlebar. Kemudian beberapa bagian permukaan jalan yang lapisan aspalnya sangat tipis sehingga belum apa-apa sudah terbongkar," terang warga setempat.

Akhirnya, proyek rehabilitasi jalan yang dikerjakan oleh PT. Cahaya Seppang Bulukumba tersebut walau sudah dikerjakan namun menyisakan ketidak puasan atas kualitas. Bahkan memunculkan cibiran dan penilaian bahwa proyek tersebut terkesan dikerjakan oleh pekerja yang tidak profesional.

Lebih dari itu, bahwa ada dugaan terjadinya kerugian negara (Baca: pemerintah daerah, red) oleh pihak rekanan lantaran pengerjaannya diduga kuat menyalahi bestek. Karena dengan melihat lapisan aspal saja yang tipis yang tampak dipermukaan jalan tersebut, maka itu sudah cukup menjadi alasan munculnya dugaan terjadinya ketidak-sesuaian bestek yang berakibat potensi kerugian negara.

Titik jalan jalan yang seharusnya ditimbun namun tidak ditimbun
Data yang diterima redaksi menyebutkan, sedikitnya lima puluh orang warga masyarakat setempat yang menyatakan buruk kualitas pekerjaan jalan tersebut. Diantara mereka saling memberi komentar beragam. Ada yang menyebutkan jalanannya buruk karena bergelombang, ada juga yang menyebutkan lapisan aspalnya tipis sehingga belum apa-apa sudah rusak, serta jalanan kurang lebar. Selain itu ada yang mempertanyakan dikemanakan taludnya yang tidak dipasang sebagaimana harusnya.


Firdaus
Pihak PT. Cahaya Seppang Bulukumba yang telah dihubungi tidak berhasil diperoleh keterangan konfirmasinya. Sebab selain tidak diketemukan alamat kantornya sehingga surat permintaan konfirmasi tertulis yang ditujukan kepada pimpinan PT. Cahaya Seppang Bulukumba yang dikirim melalui ekspedisi, akhirnya terkirim kembali karena tidak menemukan alamat, juga surat permintaan konfirmasi tertulis tersebut yang diserahkan langsung melalui salah seorang dari pihak PT. Cahaya Seppang Bulukumba, Firdaus, sejak Nopember 2017 tahun lalu namun hingga sekarang tidak dijawabnya. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber
_____________