Diskes Sinjai Gelar Pelatihan Penanggulangan Gizi Buruk - Komando Plus
Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , » Diskes Sinjai Gelar Pelatihan Penanggulangan Gizi Buruk

Diskes Sinjai Gelar Pelatihan Penanggulangan Gizi Buruk

Written By Admin Iskandar on Jumat, 30 Maret 2018 | 10.26.00

Kadis Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa, saat membuka kegiatan
Pelatihan Investigasi Penanggulangan Kasus Gizi Buruk
SINJAI - KOMANDOPLUS : Peningkatan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif maka diperlukan status gizi yang optimal. Pergeseran Paradigma dari survival ke peningkatan kualitas hidup anak dan ibu, pembinaan Gizi, kesehatan Anak dan Ibu lebih diprioritaskan kepada preventif dan promotif sebagai Upaya peningkatan kwalitas dalam memberikan pelayanan kesehatan khsusunya di Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa, saat membuka kegiatan Pelatihan Investigasi Penanggulangan Kasus Gizi Buruk yang digelar di Aula Hotel Rofina Sinjai, Kamis (29/3/2018), mengatakan, "Orang yang menderita gizi buruk akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seseorang dapat terkena gizi buruk dalam jangka panjang ataupun pendek dengan kondisi yang ringan ataupun berat. Gizi buruk dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental sehingga tentu akan mudah terkena penyakit atau bahkan meninggal dunia akibat efek sampingnya, begitu juga dengan Anak-anak yang menderita pertumbuhannya jelas akan terganggu, biasanya mereka tidak tumbuh seperti yang seharusnya, dengan berat badan di bawah normal," paparnya.

Dr. Andi Suryanto Asapa yang akrap disapa dr. Dedeth melanjutkan, untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka dibutuhkan kegiatan yang dapat menilai dan menganalisis penyebab terjadinya gizi buruk dan gizi kurang berupa kegiatan investigasi pada kasus gizi buruk dan gizi kurang yang diperkirakan terjadi di masyarakat, sama seperti kegiatan pelatihan yang digelar sekarang dan selanjutnya dilakukan intervensi sehingga kejadian tersebut tidak terulang.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sinjai, Hj. Duhaniar Tadjuddin K,S.ST, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis penyebab terjadinya gizi buruk dan gizi kurang berupa kegiatan investigasi yang diperkirakan terjadi di masyarakat dan digelar hanya sehari, namun secara berkala selama empat kali di tahun 2018.

Selain dari narasumber lokal yang memberikan materi juga ada yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sul-Sel.

Pelatihan itu diikuti sebanyak empat puluh delapan orang dengan melibatkan sumber daya manusia dari petugas gizi dan bidan desa masing-masing wilayah kerja di 16 Puskesmas se kabupaten Sinjai. (*)

Laporan: Humas/Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
_____________
Template Design by Creating Website Published by Mas Template