"GERMAS" di Karnaval Culture Kabupaten Sinjai - Komando Plus
Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , , » "GERMAS" di Karnaval Culture Kabupaten Sinjai

"GERMAS" di Karnaval Culture Kabupaten Sinjai

Written By Admin Iskandar on Senin, 26 Februari 2018 | 18.30.00

Salah satu penampilan di Karnaval Culture Kabupaten Sinjai
SINJAI - KOMANDOPLUS : Kabupaten Sinjai adalah salah satu daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang mayoritas warga masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan. Karena itu, Sinjai juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan cakalang terbesar di Sulsel.

Selain nelayan, masyarakat Sinjai juga ada yang berprofesi sebagai petani yang menghasilkan berbagai jenis sayuran dan buah segar dan selalu tersedia bagi warga masyarakat setempat.

Dalam rangka memeriahkan HUT Sinjai yang ke-454, Dinkes Sinjai mencoba menghadirkan potensi-potensi yang ada di kabupaten Sinjai dalam hal mendukung program pemerintah yakni GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui perhelatan karnaval culture kabupaten Sinjai.

Ikon yang ditampilkan di karnaval tersebut yakni nelayan dengan perahunya yang siap menangkap ikan dan seekor ikan yang menjadi maskot yang memiliki sembilan sirip yang melambangkan bahwa Sinjai memiliki sembilan pulau yang masyarakatnya hidup sebagai nelayan.

Selain nelayan perahu dan ikan, ditampilkan pula berbagai macam sayuran dan buah yang melambangkan bahwa Sinjai kaya akan hasil pertanian seperti sayuran dan buah-buahan yang alami dan segar yang siap dikomsumsi oleh masyarakat Sinjai.

Selain itu, Dinkes Sinjai juga menghadirkan ikon yang merupakn maskot dari GERMAS, dimana makna pada kepala dan sayapnya mempunyai empat warna yang berbeda yang melambangkan kerja sama dan komitmen yang tinggi antara pemerintah dalama hal ini Kementerian atau lembaga, dunia usaha, organisasi masyarakat dan Akademisi dalama mewujudkan hidup sehat. Tujuh simbol yang terbuat dari rotan terletak pada bagian dada menggambarkan bahwa GERMAS memiliki tujuh bentuk kegiatan yakni melakukan aktifitas fisik, mengkomsumsi makanan sehat, tidak merokok, tidak mengkomsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Menurut Kadinkes Sinjai, Andi Suryanto Asapa, yang akrab disapa dr. Dedeth, dengan berbagai ikon yang ditampilkan manandakan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dapat terwujud dengan melihat ketersediaan bahan makanan yang layak dikomsumsi masyarakat khususnya masyarakat Sinjai.

Hadirnya program GERMAS maka Dinkes Sinjai mengajak dan mendorong masyarakat Sinjai untuk berpola hidup sehat sehingga Sinjai Unggul, Masyarakat Sehat dan Keluarga Sehat. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
_____________
Template Design by Creating Website Published by Mas Template