Headlines News :

Ads google

Adv google

Propellerads

PropellerAds
Home » , , » Dibalik Hiruk Pikuk HJS ke-454, Ada Nuansa "Orde Baru"

Dibalik Hiruk Pikuk HJS ke-454, Ada Nuansa "Orde Baru"

Written By Admin Iskandar on Rabu, 28 Februari 2018 | 23.30.00

Gubernur Sulsel, DR. H. Syahrul Yasin Limpo SH.M.Si,MH (keempat
dari kiri) saat menghadiri penutupan HJS
SINJAI - KOMANDOPLUS : Peringatan Hari Jadi Sinjai (HJS) ke 454 tahun 2018 ini untuk pertama kalinya diselenggarakan di tempat terbuka, yakni di pelataran Pelabuhan Larea-rea. Penempatan penyelenggaraan HJS tersebut adalah untuk menjawab dan memenuhi permintaan gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Dr. H. Syahrul Yasin Limpo SH.M.Si,MH (SYL) yang menghendaki tempat terbuka.

Peringatan HJS tahun sebelumnya lazimnya diselenggarakan di gedung tertutup misalnya di rumah jabatan bupati Sinjai. Mungkin lantaran adanya perubahan tempat perhelatan tahunan itu sehingga memberikan nuansa tersendiri.

Puncak peringatan HJS tersebut berlangsung pada Selasa (27/2/2018) dan dihadiri gubernur Sulsel, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo SH,M.Si,MH. Warga masyarakat kabupaten Sinjai pun terlihat antusias menghadirinya dan menyaksikan langsung berbagai pertunjukan. Ada yang datang dengan menggunakan kendaraan roda empat, ada pula yang datang menggunakan roda dua, bahkan ada berjalan kaki ke tempat penyelenggaraan perhelatan di pelataran Pelabuhan Larea-rea.

Jl. Halim Perdana Kusuma kabupaten Sinjai sebagai salah satu jalan alternatif menuju pelataran Pelabuhan Larea rea terlihat disesaki warga yang datang meramaikan perhelatan akbar HJS ke-454, terlebih jalan tersebut adalah salah satu objek wisata Sinjai sebagai destinasi mancing.

Firman
Dibalik hiruk pikuk penyelenggaraan perhelatan akbar tersebut, Ketua Cabang Masyarakat Peduli Pembangunan dan Lingkungan Hidup (MP2LH) Kecamatan Sinjai Timur, Firman, memandang agenda perhelatan akbar itu dari sisi yang lain. Ditemui di suatu tempat, dia mengungkapkan bahwa ada tiga tempat alternitif untuk menyelenggarakan HJS tersebut yakni Lappa, Wisata Bakau, dan Pelabuhan Larea-rea.

Kata dia, dengan pertimbangan bahwa jalanan menuju Larea-rea rusak berat kemudian gubernur menyetujui pemilihan lokasi tersebut sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan, sehingga keputusan penentuan lokasi itu berdampak positif sebab menimbulkan efek perbaikan jalan yang dikerjakan seketika.

Terlihat kegiatan perbaikan jalan mulai pada jam 16.00 hingga selesai telah terhampar material sirtu (pasir batu) untuk meratakan jalan berlubang yang akan dilalui gubernur SYL yang hendak menghadiri penutupan HJS.

"Padahal selama ini kondisi jalan rusak tersebut sudah lama dikeluhkan warga setempat," ungkap Firman sembari menyorot bahwa fenomena itu laksana gaya orde baru dimana pejabat daerah ketika menerima kedatangan pejabat yang lebih tinggi, maka segala fasilitas diupayakan termasuk perbaikan jalan secara mendadak untuk menyenangkan pejabat tingkat atas.

"Seperti itu khan gaya orde baru yang kerap terjadi pada era sebelumnya," jelas Firman.

Kondisi jalan rusak itu dibenarkan oleh warga masyarakat setempat.

"Kondisi jalanan disini pak itu sesuai musim dan cuaca. Kalau musim kemarau maka jalanan dipenuhi debu akibat aspal terbongkar sehingga berlubang. Dan jika musim hujan tiba jalanan menjadi becek dan air tergenang karena tidak ada saluran air sehingga endapan lumpur masuk ke lubang jalanan, dan biasa tejadi kecelakaan karena jalanan licin terutama anak sekolah korbannya, bahkan pernah ada korban jiwa," ungkap warga itu.

"Namun sekarang syukur alhamdulilah sebab jalanan yang berlubang itu sudah ditimbun hamparan sirtu. Tapi akibatnya, kasihan pak gubernur yang datang laksana disambut dengan debu lalu pulang bergelut lumpur," pungkas warga itu menyindir. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
_________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber
_____________