Dinkes Sinjai Gandeng Tim Saber Pungli Sosialisasi Cegah Pungli - Komando Plus
Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , , » Dinkes Sinjai Gandeng Tim Saber Pungli Sosialisasi Cegah Pungli

Dinkes Sinjai Gandeng Tim Saber Pungli Sosialisasi Cegah Pungli

Written By Admin Iskandar on Senin, 29 Januari 2018 | 22.53.00

Suasana sosialisasi Saber Pungli jajaran Dinas Kesehatan
Kabupaten Sinjai
SINJAI - KOMANDOPLUS : Dinas Kesehatan kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Tim Sapu Bersih Puggutan Liar (Saber Pungli) melakukan sosialisasi Saber Pungli pada jajaran Dinas Kesehatan setempat di Wisma Hawai Aula, Senin (29/01/2018).

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan bersama jajarannya se kabupaten Sinjai dan merupakan upaya pihak dinas setempat untuk membersihkan pungli di jajaran kantor dinas tersebut.

Ketua Tim Saber Pungli Sinjai, AKBP Abd. Rauf, mengemukakan bahwa tujuan sosialisasi tersebut adalah antara lain untuk mencegah terjadinya pungutan liar yang selama ini masih sering mengemuka melalui laporan atau pengaduan masyarakat khususnya yang terjadi pada tempat atau lembaga pelayanan publik.

"Pungutan Liar adalah seluruh pungutan yang dikutip oleh seseorang atau lembaga yang menurut ketentuan tidak diperbolehkan, atau adanya kutipan yang berlebihan dari ketentuan yang berlaku yang dapat merugikan masyarakat," terangnya.

AKBP Abd. Rauf mengungkapkan, ada beberapa kasus pungli yang terjadi di lapangan, diantaranya sudah ada yang sudah berproses pidana dan ada juga masih dalam tahap pemeriksaan.

Selain itu, juga memberikan apresiasi kepada pihak Dinas Kesehatan yang mengundang tim saber pungli untuk melakukan sosialisasi supaya tidak terjadi pungli dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dalam sesi diskusi, berbagai pertanyaan terkait masalah yang kerap terjadi di tempat kerja masing-masing dikemukakan oleh kalangan Kepala UPT Puskesmas.

Di akhir pertemuan, Tim Saber Pungli Sinjai menyampaikan harapannya agar kedepan tidak ada lagi laporan dari masyarakat maupun dari pihak internal Dinas Kesehatan yang merasa dirugikan atas adanya pungutan liar di jajaran Dinas Kesehatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Suryanto Asapa, selain menyampaikan ucapan balik terima kasihnya kepada tim Saber Pungli, juga berharap terpenuhinya hak masyarakat Sinjai untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai kapasitas termasuk kepastian dalam hal jumlah biaya yang harus dikeluarkan sesuai ketentuan.

"Kami juga berharap kerjasama dari masyarakat sehingga petugas tidak melakukan praktek pungli. Contohnya, ibu hamil diharapkan tidak ada lagi yang melahirkan di rumah melainkan melahirkan di sarana fasilitas kesehatan yang ada, selain untuk menghindari pungli juga pelayanan yang akan didapatkan masyarakat akan maksimal karena sarana dan prasana sudah lebih terjamin," tutup dr. Suryanto Asapa. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
_____________
Template Design by Creating Website Published by Mas Template