"Balita" Usia Empat Dekade di Lembang Lohe - Komando Plus
Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , » "Balita" Usia Empat Dekade di Lembang Lohe

"Balita" Usia Empat Dekade di Lembang Lohe

Written By Admin Iskandar on Rabu, 17 Januari 2018 | 23.01.00

Becce (duduk), dan Tuo (berdiri di belakang)
SINJAI - KOMANDOPLUS :
Di dusun Bonto Heru desa Lembang Lohe Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan terdapat dua orang perempuan bersaudara yang meski telah berusia jelang setengah abad namun penampakannya masih seperti balita yang hidup di ayunan dan berjalan dengan cara merangkak.

Mereka adalah Tuo (40 tahun) dan Becce (38 tahun) terlahir dari pernikahan Huseng dengan Sutra (almarhumah) empat puluhan tahun silam. Keduanya memiliki kelainan fisik sejak lahir. Lantaran kelainan fisiknya itu membuatnya tidak bisa berbicara, tidak bisa berjalan dan hanya merangkak, serta hidup di ayunan laksana seorang bayi.

Seorang perempuan dari kerabat keluarganya, Jumain, yang ditemui mengemukakan bahwa sejak dirinya menikah dengan saudara laki-laki kedua orang itu keadaannya sudah seperti itu.

"Adeknya ji selalu bawakanki makanan. Sekarang mereka hanya ditemani mertuaku yang laki-laki karena mertua permpuanku sudah meninggal tiga tahun yang lalu," ungkap Jumain.

Kepala Desa Lembang lohe, Drs. Mappiare, mengemukakan bahwa selama ini tidak ada keluhan dari pihak keluarganya.

"Kami sebagai pemerintah desa merasa wajar karena selama ini tidak ada keluhan dari mereka hususnya dari keluarganya. Lagian tinggalnya tidak berjauhan dari keluarganya yang lain. Dan bapaknya juga sebelumnya adalah penerima rastra (beras sejahtera), hanya saja setelah ada putusan dari pusat sehingga tidak lagi menerima," ungkap Mappiare.

Sementara Kepala Puskesmas Lappae, Haerul Baria, saat melakukan kunjungan rumah (home care) di rumah Huseng melihat langsung kondisi Tuo dan Becce menyatakan prihatin dan berharap agar pemerintah desa setempat memberikan perhatian khusus.

"Jika perlu dianggarkan dari sebagian dana desanya (disabilitas)," harap Haerul Baria.

Ilhamuddin S.Sos
Sedangkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sinjai melalu Kepala Bidang P2 Jamsos, Ilhamuddin S.Sos, yang dihubungi, Rabu (17/01/2018), menyatakan akan menindaklanjuti ihwal tersebut untuk menyiapkan pemberian layanan sosial yang sesuai.

"Kami dari Dinas Sosial akan menindak lanjuti dengan melakukan verifikasi bentuk pelayanan sosial yang akan diberikan, baik berupa pemberian santunan penyandang cacat maupu rehabilitasi rumah untuk kondisi rumah yang tidak layak huni," tandas Ilhamuddin. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
____________________

Alamat Redaksi: Markas Kodim 1408/BS Lt. 2 Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 14 Telp. (0411) 854127 - 854424 Hotline 081342377788 - 085355426133 Makassar Sulsel. Wartawan komandoplus.com dibekali dengan kartu pers yang masih berlaku disertai Surat Tugas.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
_____________
Template Design by Creating Website Published by Mas Template