BPS Sulsel Akan Rilis Data Naker Terserap Kerja Dan Ter PHK - Komando Plus
Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , , » BPS Sulsel Akan Rilis Data Naker Terserap Kerja Dan Ter PHK

BPS Sulsel Akan Rilis Data Naker Terserap Kerja Dan Ter PHK

Written By Admin Iskandar on Senin, 25 September 2017 | 19.03.00

Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam SE (baju putih),  memberi cindera mata
kepada perwakilan media Upeks
MAKASSAR - KOMANDOPLUS : Usulan agar Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel merilis data tenaga kerja (Naker) baik yang berhasil terserap oleh lapangan kerja maupun yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) mengemuka saat acara cofee morning bertajuk "BPS Sahabat Pers" di salah satu cafe bilangan Jl. Mappanyukki Makassar, Senin (25/9/2017).

Usulan tersebut untuk melengkapi data BPS yang merilis statistik ketenagakerjaan secara umum namun tidak secara spesifik memuat perkembangan naker yang telah terserap oleh lapangan kerja maupun naker yang mengalami PHK yang selama ini dirilis pada setiap periode tertentu.

Menanggapi usulan tersebut, Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam SE, mengatakan mengapresiasi usulan tersebut dan akan berkomunikasi dengan dinas terkait untuk perolehan data surveynya.

"Hanya saja selama ini kendala di dinas tenaga kerja bahwa ketika calon tenaga kerja mengambil kartu kuning itu dapat terdata. Tetapi ketika sudah diterima bekerja tidak ada lagi informasinya termasuk jika mengalami PHK," jelas salah seorang Kabid BPS yang membidangi hal tersebut mengungkapkan kendalanya.

Sekedar informasi, selain dinas tenaga kerja yang menjadi sumber informasi naker yang dimaksud, terdapat organisasi serikat pekerja yang memungkinkan memberi informasi soal naker yang mengalami PHK. Sebab kalangan serikat pekerja tersebut yang kerap menjadi penengah bahkan melakukan aksi protes ketika anggotanya yang dari kalangan pekerja mengalami perselisihan di perusahaannya.

Wartawan mencatat, setidaknya di Makassar terdapat sejumlah perwakilan organisasi buruh terbesar yang menanungi serikat pekerja unit di perusahaan yang ada di Sulsel. Diantaranya yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), KAHUTINDO.

Cofee morning tersebut digelar BPS Sulsel dalam rangka memperingati ulang tahun Statistik Nasional ke 57 yang jatuh pada tanggal 26 September 2017 besok. Hadir dalam acara tersebut yakni Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam SE, beserta para Kepala Bidang dan sejumlah stafnya, serta para wartawan dari sedikitnya tiga puluh media yang diundang.

Sebagai rangkaian kegiatan itu, BPS Sulsel memberi penghargaan ke pada dua media yang dinilai menyajikan berita statistik terbaik, yakni Harian Fajar dan Ujung Pandang Ekspres. (iskandar)


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
_____________
Template Design by Creating Website Published by Mas Template