Sinjai Launching Terobosan Baru "Pamer Sehat" - Komando Plus
Headlines News :
Home » , , » Sinjai Launching Terobosan Baru "Pamer Sehat"

Sinjai Launching Terobosan Baru "Pamer Sehat"

Written By Admin Iskandar on Jumat, 09 Juni 2017 | 22.27.00

Wakil Bupati, Andi Fajar Yanwar (kanan),
Dandim 1424 Sinjai, Letkol. Inf. Czi Gunawan Susianto (dua dari kanan)
SINJAI - KOMANDOPLUS : Pemerintah kabupaten Sinjai melalui Dinas Kesehatan menggelar launching program "Pamer Sehat" (aparat pemerintah sehat) melalui pemeriksaan kesehatan berkala bagi aparatur. Launching ini dilakukan oleh Wakil Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar, di ruang pola Kantor Bupati Sinjai, Jumat (09/06/2017).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati, Andi Fajar Yanwar, mengungkapkan, aparatur pemerintah ditengah kesibukannya dalam melaksanakan aktivitas terkadang tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengontrol kesehatan di sarana pelayanan kesehatan. Padahal sangat penting untuk melakukan kontrol kesehatan secara berkala agar terhindar dari penyakit tidak menular.

"Langkah solusi adaptif yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Sinjai melalui pemeriksaan kesehatan yang pelayanannya langsung diberikan di tempat kerja merupakan langkah yang cemerlang sehingga tidak ada alasan lagi bagi aparatur untuk tidak memeriksakan kesehatan secara berkala," kata Andi Fajar Yanwar.

Launching ini dihadiri oleh Ketua DPRD Sinjai, Abdul Haris Umar, Sekertaris Daerah Sinjai, Taiyyeb Mappasere, anggota Forkopimda, para Asisten, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. A. Suryanto Asapa, serta diikuti oleh seluruh kader kesehatan yang merupakan perwakilan dari masing-masing OPD dan Forkopimda yang ada di Sinjai.

Usai Launching, Wakil Bupati Sinjai bersama Ketua DPRD dan Pimpinan Forkopimda melakukan cek kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat dan lainnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan setempat menggelar Pelatihan Kader Kesehatan bagi aparat pemerintah atau yang dinamakan “Pamer Kesehatan”.

Pelatihan tersebut berlangsung di aula pertemuan Dinas Kesehatan Sinjai, Kamis (8/6/2017). Kegiatan itu dihadiri oleh peserta dari perwakilan OPD, forkopimda, legislatif, kader tenaga kesehatan, dan organisasi profesi lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr A Suryanto Asapa, menjelaskan kegiatan ini merupakan kelanjutan proyek perubahan Latpim II yang diikutinya.

Selain itu disadari selama ini banyak aparat pemerintah yang tidak menyadari bahwa dirinya berada dalam resiko tinggi yang mengancam kesehatannya akibat penyakit tidak menular.

"Jadi tujuan kita lakukan kegiatan ini adalah untuk mendeteksi penyakit tidak menular khususnya di kalangan aparat pemerintah, aparat yang disibukkan dengan berbagai tugas di kantor dan lebih dominan duduk serta berhadapan dengan komputer rentan mengalami stres dan akhirnya terjangkit penyakit," jelasnya.

Sementara itu, dalam kutipan wawancara singkat Dandim 1424 Sinjai, Letkol. Inf. Czi Gunawan Susianto, menuturkan nantinya akan dilakukan oleh setiap minggunya untuk mengontrol kondisi kesehatan prajurit supaya menjaga hal hal yang bisa mengganggu kesehatan.

Sekda Sinjai, Taiyeb A. Mappasere SH, menilai ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh dinas kesehatan walaupun sederhana akan tetapi memiliki dampak yang lebih besar bagi kesehatan khususnya Aparatur pemerintah di kabupaten Sinjai.

Dan disetiap kantor tersedia tempat untuk pemeriksaan kesehatan dan ada kader yang ditempatkan sehingga dengan mudah terlayani sesuai jadwal.

"Saya sendiri saja biasa lupa kontrol kesehatan disebabkan padatnya kegiatan," pungkas Taiyeb A. Mappasere. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by RhynaldKing
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
Mitra Media Rakyat Sulawesi
Template Design by Creating Website Published by Mas Template