Wabup Sinjai Buka Pencanangan Desa Mandiri - Komando Plus
Headlines News :
Home » , , » Wabup Sinjai Buka Pencanangan Desa Mandiri

Wabup Sinjai Buka Pencanangan Desa Mandiri

Written By Admin Iskandar on Jumat, 26 Mei 2017 | 23.50.00

Wabup Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar, sedang memukul gong disaksikan
Camat Sinjai Selatan, Abd. Salam,
dan Kepala Dinas Pemberdayaan
Masyarakat dan Desa, Andi Zainal Arifin Nur.
SINJAI - KOMANDOPLUS : Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar kegiatan pencanangan Desa persiapan mandiri Kabupaten Sinjai Tahun 2017 yang bertempat di halaman kantor Camat Sinjai Selatan. baru-baru ini.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para staf Ahli Bupati Sinjai, para Kepala OPD, para Kepala Bagian, para Camat, Lurah, Kepala Desa, dan ketua serta anggota BPD.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Andi Zainal Arifin Nur, dalam laporannya mengatakan parameter dan indikator yang digunakan dalam pencanangan Desa persiapan mandiri adalah Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2016, terdiri dari pelayanan dasar, kondisi infrastruktur, aksesibilitas/transparansi, pelayanan umum dan penyelenggaraan pemerintahan.

Sementara itu Wakil Bupati Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sinjai tahun 2013-2018, telah ditetapkan target desa mandiri sebanyak sembilan desa pada tahun 2017, yang diharapkan dapat berkembang menjadi kima belas desa mandiri sesuai yang ditargetkan sampai tahun 2018 mendatang.

Adapun Desa persiapan Mandiri sembilan desa dari sembilan kecamatan Kabupaten Sinjai tahun 2017 yaitu Desa Palae, Desa Aska, Desa Alenangka, Desa Songing kecamatan Sinjai Selatan, Desa Lembang Lohe, Desa Pattongko, Desa Bua kecamatan Tellulimpoe, Desa Lamatti Riattang kecamatan Bulu Poddo, dan Desa Bonto Salama kecamatan Sinjai Barat.

Desa mandiri, lanjut Wabup, adalah desa yang dipandang sudah mampu menyelesaikan persoalan kebutuhan dasar warganya dengan mendayagunakan dan mengoptimalkan potensi sumber daya ekonomi, baik perikanan, pertanian, industri kecil maupun pada bidang sosial dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat secara mandiri.

Sebagaimana yang dikemukakan camat Sinjai Selatan, Abdul Salam, bahwa program Desa mandiri yang terdiri dari sembilan desa apalagi di sinjai Selatan diwakili desa paling banyak yaitu empat desa. "Saya sangat berharap desa yang ditunjuk oleh pemerintah bisa menjalankan dengan baik sebagaimana yang diharapkan," ujar Abd. Salam berharap sembari mengapresiasi penunjukan dirinya yang dipercayakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan sehingga merupakan motifasi bagi dirinya untuk berbuat dan berkarya yang lebih baik. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by RhynaldKing
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
Mitra Media Rakyat Sulawesi
Template Design by Creating Website Published by Mas Template