Seminar Kebangsaan, Selamatkan Nasionalisme Generasi Muda - Komando Plus
Headlines News :
Home » , , , » Seminar Kebangsaan, Selamatkan Nasionalisme Generasi Muda

Seminar Kebangsaan, Selamatkan Nasionalisme Generasi Muda

Written By Admin Iskandar on Sabtu, 06 Mei 2017 | 21.22.00

Brigjen TNI Supartodi saat membawakan materi
MAKASSAR - KOMANDOPLUS : Dalam rangka 27 tahun ambalan mujahid Pramuka MAN 2 Makassar, sebuah seminar kebangsaan bertajuk Selamatkan Nasionalisme Generasi Muda, Bangga Menjadi bangsa Indonesia digelar di MAN 2 MAKASSAR jalan Sultan Alauddin Makassar, Sabtu (6/5/2017).

Tampil membawakan materi dalam seminar tersebut yakni Kasdam IV Hasanuddin, Brigjen TNI Supartodi SE,M.Si.

Dalam makalahnya bertema Pemuda dan Jati Diri Bangsa, Supartodi mengatakan pengawalan idiologi pancasila mengalami degradasi. Pasca reformasi, pancasila seolah-olah lenyap.

"Sebagai warga NKRI, kita harusnya tetap mengamalkan nilai-nilai pancasila, memelihara dan menjaga kemajemukan dan kerukunan antar umat beragama, serta membudayakan hidup disiplin," tandasnya.

Pemuda, tambahnya, harus mengisi waktu dengan hal-hal yang positif. Sebab generasi muda merupakan penerus bangsa. Pemuda tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan tetapi mesti bisa mengembangkan diri dengan memiliki kreatifitas dan perlu berupaya mendorong kegiatan untuk meningkatkan kegiatan pembangunan.

Jati diri bangsa adalah pandangan hidup yang berkembang di dalam masyarakat yang menjadi kesepakatan bersama. Pancasila menjadi jati diri bangsa Indonesia yang mengandung arti bahwa pancasila menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang tidak di temukan pada bangsa lain.

"Oleh karena itu kita berkewajiban untuk mepertahankan kemurnian pancasila ditengah gencarnya arus globalisasi. Selain itu pancasila tidak hanya dijadikan pedoman hidup bangsa secara teori namun harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari agar tetap tegak berdiri dalam wadah NKRI," sambungnya.

Sementara Wakil Walikota Makassar, DR.H.Syamsu Rizal MI,S.Sos,M.Si, mengatakan bahwa yang perlu diketahui dalam seminar kebangsaan ini adalah suatu penentu tentang arah yang akan datang.

"Maka dari itu saya memghimbau kepada seluruh anak pramuka agar tetap semangat dan jangan putus asa. Yang perlu di ketahui oleh seluruh anak-anak pramuka yang hadir bahwa musuh kita kedepan itu tidak nyata," harap Syamsu Rizal.

"Kegiatan ini sangat penting untuk kita laksanakan karena kaum generasi muda saat ini sudah banyak yang tidak terkontrol, bahkan ada pemuda hanya senang hidupnya di jalanan, dan ada pula yang senangnya nongkrong di cafe. Maka alangkah bagusnya apabila ada kegiatan-kegiatan seperti ini kita hadiri di bandingkan jika hanya nongkrong di jalanan," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain Kasdam IV Hasanuddin, Brigjen TNI Supartodi SE,M.Si dan Wakil Walikota Makassar, DR.H.Syamsu Rizal MI,S.Sos,M.Si, juga tampak Pa Ahli di bidang Hanneg, Kolonel inf Susanto, Wa Aster Kasdam XIV/Hasanuddin, Letkol Arm Bambang Irawan, Kakanwil Depag Sulsel, Drs. H. Abdul Wahid Tahir M.Ag, Kepala Sekolah MAN-2 Makassar, Kaharuddin S.Pd,M.Pd, diikuti sekitar 500 orang peserta pramuka. (*)

Laporan: Ilo.
Editor: Iskandar.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by RhynaldKing
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
Mitra Media Rakyat Sulawesi
Template Design by Creating Website Published by Mas Template