Nasyit Umar Sosialisasi UU No. 19/2013 ke Petani - Komando Plus
Headlines News :
Home » , , , » Nasyit Umar Sosialisasi UU No. 19/2013 ke Petani

Nasyit Umar Sosialisasi UU No. 19/2013 ke Petani

Written By Admin Iskandar on Selasa, 02 Mei 2017 | 08.05.00

SINJAI - KOMANDOPLUS : Anggota DPR-RI dari Partai Demokrat Dapil Sulsel, Ir. H.A.M Nasyit Umar SP, menyelenggarakan sosialisasi UU Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan Dan Pemberdayaan Petani di rumah Aspirasi di jalan Persatuan Raya No. 03 kabupaten Sinjai dihadiri ratusan petani maupun ketua kelompok tani se kabupatan Sinjai.


Menurut anggota komisi IV DPR-RI yang membidangi masalah petani itu, bahwa sosialisasi yang dilakukannya tersebut berkenaan dengan banyaknya warga masyarakat desa yang dikunjunginya di kabupaten sinjai bertanya tentang adakah kalangan petani itu dilindungi oleh undang-undang.

Menjawab keingintahuan warga masyarakat desa yang dinilainya sudah mulai cerdas dan berpikir kritis, maka melalui sosialisasi tersebut dia berharap warga masyarakat petani khususnya di kabupaten Sinjai memahami posisinya selaku warga negara khususnya kaum petani yang pemberdayaan dan perlindungannya diatur melalui UU Nomor 19 Tahun 2013 tertsebut.

Lebih jauh dia jelaskan, adanya kecenderungan meningkatnya perubahaan iklim yang rentan terhadap bencana alam dan resiko usaha, pengaruh globalisasi dan gejolak ekonomi global serta sistem pasar yang tidak berpihak kepada petani sehingga petani membutuhkan perlindungan dan pemberdayaan.

"Ini sangat penting petani mengetahuinya agar dapat berpikir, dan menentukan sikap serta menjadikannya sebagai acuan dalam rangka menemukan solusi persoalan petani demi tercapainya kesejahteraan kita semua ," ujarnya.

Sementara dari kalangan warga masyarakat petani, sosialisasi tersebut perlu terus dilakukan agar kalangan petani tahu undang-undang tersebut, sebab sebelumnya ihwal tersebut hanya tersosialisasi kepada orang tertentu dan waktu tertentu saja.

Kelompok wanita tani Simpati Tassililu kecamatan Sinjai barat misalnya, ketua kelompoknya, Hj. Hatijah, mengatakan, "Baru kali saya tau bahwa ada undang-undang tentang pertanian. Sebelumnya tidak perna ada sosialisasi soal itu".

Lain lagi pengakuan dari gapoktan Sangiasseri kelurahaan Sangiasseri kecamatan Sinjai Selatan, Baharuddin, yang mengungkapkan bahwa kegiatan seperti itu pernah dilakukan namun hanya diikuti orang tertentu saja. Dan itu terjadi pada saat tertentu pula seperti pembagian bantuan alsintan ke kelompok tani. "Dan lazimnya bantuan tersebut seakan-akan dijadikan milik pribadi yang dinikmati oknum tertentu di kelompok," ungkapnya.

Sementara pegawai pertanian, Alimin, membantahnya bahwa hal seperti itu sudah disosialisakan sebelumnya. "Hanya saja bukan ki dewa yang bisa mendatangi semua warga masyarakat," tampiknya.

Nasyit Umar (kanan pakai topi)
Selain itu, putra terbaik Sinjai yang berhasil tembus ke Senayan itu juga memfokuskan perhatiannya ke kalangan pemuda melalui turnamen sepak bola. Hal itu terbaca sebagai bukti perwujudan dirinya selain sebagai sahabat petani juga sahabat pemuda.

Sepanjang April 2017, ada dua turnamen sepak bola di kabupaten Sinjai yang disponsorinya dan berlangsung sukses, yakni turnamen sepak bola Bonto Salama Cup di kecamatan Sinjai Barat, dan Pammase Cup kecamatan Sinjai Borong. Kedua ajang olah raga itu mendapat respon meriah dari kalangan pemuda khususnya pencinta olah raga bola. (*)

Laporan: Sambar.
Editor: Iskandar.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by RhynaldKing
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
Mitra Media Rakyat Sulawesi
Template Design by Creating Website Published by Mas Template