Bisnis NIM Dan Bisnis Plagiat Skripsi Merebak di STIM LPI Makassar - Komando Plus
Headlines News :
Home » , » Bisnis NIM Dan Bisnis Plagiat Skripsi Merebak di STIM LPI Makassar

Bisnis NIM Dan Bisnis Plagiat Skripsi Merebak di STIM LPI Makassar

Written By Admin Iskandar on Rabu, 08 Juni 2016 | 06.23.00

MAKASSAR - KOMANDOPLUS : Merebaknya issu bisnis Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan bisnis plagiat skripsi program S1 terendus di sekolah tinggi ilmu manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia Makassar (STIM LPI Makassar). Penelusuran google pada situs Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Riset dan Teknolodi Pendidikan Tinggi via link http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa/search menunjukkan bukti adanya perbedaan nama-nama mahasiswa dengan NIM yang sama dari perguruan tinggi yang sama pula.

Informasi yang diterima menyebutkan setidaknya empat NIM pada program S1 jurusan manajemen STIM LPI Makassar masing-masing NIM 25111806 atas nama RAHMAN, 25111803 atas nama MUH. AKIB, 25110565 atas nama JUMAIN, dan 11110775 atas nama GILBERTUS tercatat sebagai mahsiswa STIM LPI Makassar.

Sedangkan penelusuran google pada situs Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi via link http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa/search menunjukkan NIM tersebut tercatat atas nama mahasiswa yang berbeda yakni masing-masing NIM 25111806 atas nama FARIZ ZULKARNAIN HALIM, 25111803 atas nama ARJUNI, 25110565 atas nama ANDI ADY AKSAR ARMANSYAH, dan 11110775 atas nama IKBAL.

Informasi lain yang menyertai perbedaan NIM-NIM itu menyebutkan, NIM yang terdaftar pada situs Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi adalah NIM dengan nama mahasiswa yang resmi diakui oleh negara.

Sedangkan NIM yang sama namun dengan nama mahasiswa yang berbeda adalah mahasiswa yang hanya tercatat pada STIM LPI Makassar namun tak diakui oleh negara. Dan NIM inilah yang disebutkan sebagai dibisniskan secara internal oleh pihak STIM LPI Makassar. Hal tersebut terjadi pada mahasiswa STIM LPI Makassar alumni Sulawesi dan NTB.

Selain itu, disebutkan juga bahwa Puket-I dan Puket-III (pembantu ketua) membolehkan mahasiswa melakukan plagiat skripsi melalui download internet atau copy ulang skripsi mahasiswa alumni dengan bayaran antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per satu skripsi bagi mahasiswa yang hendak menyelesaikan studi program S1 .

Sayangnya, Ketua STIM LPI Makassar yang meski telah diminta konfirmasinya sejak Jumat (3/6/2016) namun hingga berita ini naik posting tidak ada jawaban.

STIM LPI Makassar berdiri sejak 01 Juni 1987 terdaftar dengan nomor SK PT 409 beralamat di Jalan Bung No 32 Tamalanrea Kota Makassar Sulawesi Selatan.(is)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by RhynaldKing
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
Mitra Media Rakyat Sulawesi
Template Design by Creating Website Published by Mas Template