Kinerja Korlantas Polri Dikeluhkan Warga Sulsel - Komando Plus
Headlines News :
Home » , » Kinerja Korlantas Polri Dikeluhkan Warga Sulsel

Kinerja Korlantas Polri Dikeluhkan Warga Sulsel

Written By Admin Iskandar on Jumat, 09 Mei 2014 | 22.42.00

Ilustrasi plat nopol kendaraan
MAKASSAR – KOMANDOPLUS : Kelangkaan material plat nomor kendaraan bermotor (ranmor) di Ditlantas Polda Sulsel menuai keluhan pengguna kendaraan bermotor di wilayah ini. Betapa tidak, selain tidak terpenuhinya kebutuhan plat nomor untuk kelengkapan identitas kendaraan bermotor bagi pemiliknya, juga membuat pemilik kendaraan yang telah memenuhi kewajiban pembayaran PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) itu mencari alternatif lain untuk membuat sendiri plat nomornya.

Bahkan yang lebih parah, ada yang justru mencetaknya dengan nomor polisi palsu, yakni nomor polisi yang hanya diperuntukkan kepada kendaraan roda dua, tetapi dilekatkan pada kendaraan roda empat.

Diduga itu terjadi lantaran kinerja Korlantas Polri sebagai penyedia utama material pelat nomor tidak becus dalam mengurus dan mendistribusikan material plat nomor kendaraan ke daerah, sehingga pengguna di daerah khususnya Ditlantas Polda Sulsel yang dijadikan sasaran protes warga masyarakat setempat.

Soal kelangkaan material plat nomor ranmor di Ditlantas Polda Sulsel, Dirlantas Kombes Pol. Triwarno Atmojo, mengatakan pihaknya menunggu distribusi material dari Korlantas Polri.

Menanggapi hal itu, Ketua LSM Peduli Rakyat (Perak), Muh. Rum Hehamahua, mengatakan hendaknya Korlantas Polri menunjukkan kinerja profesionalnya dengan cara semakin meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

“Soal kelangkaan material plat nomor sudah terjadi berulang kali. Harusnya itu sudah tidak terjadi lagi jika ditangani secara profesional. Dan itu penting untuk memulihkan nama baiknya setelah pernah tersandung masalah,” ujar Rum.

Sementara Ketua Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) Sulsel, Andi Mallanti SH, berharap Korlantas Polri tidak menjadi penyebab warga masyarakat berinisiatif mengambil sikap sendiri yang berpotensi pada pelanggaran dalam pembuatan nomor polisi (Nopol) kendaraan bermotor.

“Sedangkan plat nomor saja diberikan, pemilik kendaraan masih ada yang berusaha mencetak sendiri nomor DD kendaraannya dengan versinya sendiri. Apalagi kalau plat itu tidak ada, maka semakin memberi peluang pemilik kendaraan untuk bebas berbuat atas pembuatan nomor polisi kendaraan menurut selera,” pungkas Mallanti.

Sejauh ini belum diperoleh keterangan konfirmasi dari pihak Korlantas Polri, namun sementara diupayakan. (Isk)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by RhynaldKing
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
Mitra Media Rakyat Sulawesi
Template Design by Creating Website Published by Mas Template