Registrasi Identifikasi Nopol “Dikangkangi” Ditlantas - Komando Plus
Headlines News :
Home » , » Registrasi Identifikasi Nopol “Dikangkangi” Ditlantas

Registrasi Identifikasi Nopol “Dikangkangi” Ditlantas

Written By Admin Iskandar on Selasa, 08 April 2014 | 15.16.00

Ilustrasi
MAKASSAR – KOMANDOPLUS : Angan-angan pihak Direktorat lalulintas Polda Sulsel untuk mengambil alih sistem pelayanan registrasi dan identifikasi kendaraan motor di seluruh kantor Samsat se Sulselbar kini sudah terwujud dengan diterbitkannya Surat perintah (Sprint) Direktur lalulintas (Dirlantas) Polda Sulsel.

Hal ini pun langsung menuai sorotan kalangan LSM maupun mahasiswa, sebab kebijakan tersebut dinilai tidak pro terhadap pelayanan maksimal untuk masyarakat di daerah ini. Bahkan hal itu, ditengarai akan menjadi momok menakutkan bakal tumbuhnya praktek pungutan yang nilainya tak terkendali terhadap permintaan nopol pesanan tertentu.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Rakyat (Perak), Muh. Roem Hehamahua menilai kebijakan ini hanya mengada-ada dan terkesan dipaksakan dan akan berujung pada aksi protes sejumlah kalangan yang ada di Sulsel.

“Selama ini kami salut dengan sistem pelayanan yang diterapkan pihak Samsat yang cepat dan tepat. Namun dikeluarkannya kebijakan pengambilalihan ini, semakin membuat citra pelayanan lalulintas kian buruk. Awas akan tumbuh subur praktek pungli!,” ucap Ketua LSM PERAK, Selasa (8/4).

Dikatakan, Saat ini pihak lalulintas pasca kasus korupsi mantan kakor Lantas Irjen Pol Djoko Susilo telah melakukan pembenahan di tubuh polri termasuk maraknya aksi pungutan di luar aturan yang ada, namun ia menyayangkan justeru kebijakan pengambilalihan tugas pokok aparat di samsat ini akan menumbuh-suburkan aksi-aksi yang selama ini menjadi sorotan masyarakat.

“Seharusnya pihak Direktorat lalu lintas  menyelesaikan persoalan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang hingga saat ini masih kosong. Pada hal uang masyarakat sudah dipungut dan tak ada kejelasan yang pasti. Ini khan aneh?,” sorot Moh Roem.

Berbagai kalangan masyarakat pun yang dimintai tanggapan terhadap “pencaplokan” wewenang ini, hanya mencibir. Mereka pun menganggap ini adalah upaya memperlambat pelayanan yang selama ini digembor-gemborkan.

“Saya harap pembesar kepolisian di wilayah ini jangan terlalu cepat mengambil kebijakan yang tidak pro terhadap rakyat. Urus dululah kekosongan plat nopol di Samsat. Bagaimana mungkin pelayanan tercipta kalau persoalan lain belum dituntaskan sedangkan sudah mengeluarkan kebijakan baru yang justru tidak pro terhadap pelayanan,” ucap Ahmad, mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Makassar. (Tim)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by RhynaldKing
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
Mitra Media Rakyat Sulawesi
Template Design by Creating Website Published by Mas Template