Headlines News :

Ads google

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours

Program Umrah 9 dan 13 Hari PT. Maharani Tours
Jl. Gn. Bawakaraeng No. 111E (Depan SPBU Terong) Telp. 0411-420600 WA 085395591962 Makassar

Propellerads

PropellerAds
Home » , » Patut Diteladani, Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah

Patut Diteladani, Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah

Written By komando plus on Selasa, 12 Februari 2013 | 08.15.00

Sehat Holistis ala Rasulullah adalah buku kedua yang ditulis dr Briliantono (dokter medis) bersama Ustadz Rusli Amin (dokter rohani). Buku pertama adalah Sehat Tanpa Obat yang membahas cara sehat dengan menerapkan rukun Islam dalam hidup keseharian. 

Sedangkan, buku ini mengupas pola hidup sehat yang menyeluruh (sehat holistis) dengan merujuk kepada pola hidup Rasulullah SAW.

Penulis menegaskan bahwa pola hidup yang dipraktikkan Rasulullah SAW adalah pola hidup sehat yang menyeluruh dan sangat didambakan oleh manusia modern.

Dengan demikian, sesungguhnya pola hidup Rasul adalah pola hidup yang sangat cocok dijadikan panduan dan teladan oleh manusia modern atau siapa saja yang menginginkan hidup sehat secara holistis. Artinya, bukan hanya umat Islam, melainkan semua kalangan.

Penulis memulai bukunya dengan memaparkan alasan-alasan mengapa manusia di akhir zaman ini membutuhkan seorang nabi yang bersifat universal untuk semua bangsa dan masa (bab I).

Pada bab kedua, penulis sekadar mengulas sejarah Nabi Muhammad SAW. “Berbeda dengan penulisan sejarah hidup atau biografi para tokoh dunia yang lain, Sirah Nabawiyah ditulis dengan sangat selektif, terutama berkenaan dengan sabda-sabda Rasulullah.''

Metode periwayatan hadis sangat rumit dan luar biasa ilmiah. Boleh dikatakan bahwa sejarah hidup Rasulullah adalah sejarah yang sangat autentik karena diungkapkan oleh orang-orang yang terpercaya dan jujur.

Pada bab ketiga, penulis mengajak pembaca untuk mengenal lebih dekat figur agung Rasulullah. Bagaimana para Sahabat mulia menggambarkan sosok beliau dengan rinci, dari mulai wajah, postur tubuh, sampai cara beliau berjalan. 

Begitu juga jadwal aktivitas Rasulullah SAW dari menit ke menit dan hikmah di balik aktivitas yang dilakukan Rasul tersebut.

“Rasul hidup berabad-abad yang lalu, tapi gambaran fisik beliau yang sampai kepada kita begitu lengkap dan imajinatif. Ini membuat kerinduan kita kepada beliau semakin mengkristal.”

Bab keempat menyajikan sosok Rasulullah sebagai manusia ideal, model yang sempurna, di mana pun beliau berada pasti merupakan pribadi yang sempurna dan agung.

Semua sudut kehidupan yang beliau masuki terwarnai oleh perilaku beliau. Kondisi apa pun yang beliau hadapi, umat manusia tetap dapat memetik hikmah dari keteladanan beliau. Bahkan, dalam suasana hati beliau yang paling pahit sekalipun!

Buku ini sangat perlu dibaca oleh setiap orang, tidak hanya Muslim, sebagai rujukan pola dan gaya hidup sehat secara holistis yang sesuai dengan zaman modern.

Seperti ditegaskan penulis, “Jika Anda benar-benar menghendaki hidup sehat secara holistis maka ikutilah dan praktikkanlah pola dan gaya hidup Rasulullah SAW.'' 

Hanya dengan meneladani pola dan gaya hidup beliau, kita akan mencapai kondisi sehat lahir batin, fisik, dan psikis. Keadaan inilah yang akan mengantarkan kita pada kebahagiaan hati dan ketenangan jiwa.”

Allau A'lam Bissawab

Demikian Sob Dumay artikel dari Nailadam yang di kutip dari republikadotkom, semoga bermanfaat......
sumber:http://nailadam.blogspot.com/2013/07/patut-diteladani-gaya-hidup-sehat-ala.html
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber - Email: redaksikomandonews@gmail.com
_____________