Headlines News :

Ads google

Adv google

Home » , » Angka Kecelakaan Kerja Sulsel Masih Tinggi

Angka Kecelakaan Kerja Sulsel Masih Tinggi

Written By Admin Iskandar on Selasa, 19 Juni 2012 | 20.16.00

MAKASSAR – KOMANDO Plus : Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) tampaknya belum secara maksimal diterapkan di perusahaan-perusahaan yang ada di di Sulsel. Akibatnya, masih terjadi musibah kecelakaan kerja yang menimpa tenaga kerja di tempat kerjanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmgrasi (Disnakertrans) Sulsel, Drs. H. Saggaf Saleh MH, pada pembukaan Pelatihan Training of Trainer (TOT) Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Grand Palace Hotel Makassar, Selasa (19/6), mengungkapkan kecelakaan kerja yang terjadi pada triwulan IV tahun 2011 sebanyak 65 orang, dan pada triwulan I tahun 2012 juga 65 orang.

Angka tersebut, menurut penilaian Saggaf, masih tergolong tinggi. Hal tersebut karena masih banyak masyarakat industri senantiasa menginginkan manfaat langsung atas penerapan SMK3, terlebih pada pengusaha yang masih menganggap pelaksanaan K3 itu hanya menghambat produksi, biaya tinggi, dan tidak bermanfaat atas proses produksi sehingga enggan menerapkan SMK3.

“Padahal dampaknya akan memperbesar resiko bahaya dan potensi kecelakaan kerja di tempat kerja,” ujar Saggaf.

Alasan itulah sehingga Disnakertrans Sulsel menyelenggarakan Pelatihan Training of Trainer (TOT) Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang diikuti oleh para pegawai pengawas ketenagakerjaan se Sulsel.

Sementara itu, Kabid Pengawasan, Drs. Hasman Mansyur SH, MH, berharap agar para peserta TOT usai mengikuti pelatihan dapat mengimplementasikan ilmunya di tempat kerjanya masing-masing. Sehingga ke depan musibah kecelakaan kerja yang menimpa tenaga kerja dapat diminimalisir. (Iskandar)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Design Editor by Iskandar
Copyright © 2014. Komando Plus - Media Cyber
_____________