Pelayanan Prima Ditlantas Sulsel, Tepis Keluhan Biaya BPKB - Komando Plus
Headlines News :
Home » » Pelayanan Prima Ditlantas Sulsel, Tepis Keluhan Biaya BPKB

Pelayanan Prima Ditlantas Sulsel, Tepis Keluhan Biaya BPKB

Written By Admin Iskandar on Rabu, 07 Desember 2011 | 14.46.00

Biaya untuk pengurusan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang pernah bervariasi sehingga menjadi sorotan tajam yang diarahkan ke Direktorat Lalulintas Polda Sulsel, ternyata tertepis dengan diterapkannya program Pelayanan Prima oleh pihak Ditlantas Polda sendiri sejak beberapa tahun lalu.

MAKASSAR – KOMANDO Plus : Penelusuran wartawan KOMANDO Plus menindaklanjuti berita berjudul Syarat Pungli, Masyarakat Keluhkan Biaya BPKB edisi posting Rabu ( 23/11) yang disiarkan oleh salah satu media online di Makassar, bahwa ternyata apa yang dikemukakan oleh sumber berita adalah tidak benar, sebab mengungkapkan kejadian sebelum diterapkannya program Pelayanan Prima.

Wartawan media ini yang memantau langsung di depan loket pelayanan BPKB di kantor baru Ditlantas Polda Sulselbar jalan A.P Pettarani, terlihat sangat jelas adanya transparansi pelayanan. Sebab tidak ada satupun pemohon yang datang ke loket pelayanan untuk mengurus BPKB dan membayar biaya melebihi tarif yang diatur dalam PNBP sebagaimana yang tertera pada pengumuman.

“Saya membayar biaya untuk BPKB mobil seratus ribu rupiah. Dan saya lihat orang membayar delapan puluh ribu rupiah biaya BPKB motor. Dan saya juga tidak lama menunggu BPKB-ku sudah selesai,” kata seorang pemohon yang mengurus sendiri BPKB kendaraannya.

Salah seorang pemohon dari salah satu dealer kendaraan yang sering mengurus BPKB dan ikut mengantri di depan loket pelayanan BPKB mengaku, pelayanan pengurusan BPKB saat ini sudah sangat beda dibanding tahun-tahun sebelum adanya istilah pelayanan prima. “Sekarang jauh lebih baik dan lebih transparan, dibanding tahun-tahun kemarin,” jelasnya.

Menurut catatan wartawan, Ditlantas Polda Sulsel melalui Samsat Makassar pernah memperoleh penghargaan internasional berupa sertifikat ISO 9000 pada tahun 2008 atas pelayanan prima, dan berhasil meraih piala citra pelayanan prima tingkat nasional wilayah kepolisian pada tahun 2010. Tidak hanya itu, pernah diikutkan oleh Menteri Penertiban Aparatur Negara R.I (Menpan-RI) dalam penilaian untuk penghargaan piala citra pelayanan prima tingkat nasional kepresidenan.

Masyarakat berharap agar prestasi yang dicapai oleh Ditlantas Polda Sulsel itu dapat terus dipertahankan dan tidak merasa puas dengan apa yang telah dicapai, namun senantiasa melakukan terobosan baru untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya secara terus menerus.

Laporan: Iskandar
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
| Design Editor by RhynaldKing
Copyright © 2014. Komando Plus - All Rights Reserved
Mitra Media Rakyat Sulawesi
Template Design by Creating Website Published by Mas Template